Breaking News:

Pemkab Pasuruan Akan Bantu Warga Yang Rumahnya Rusak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan langsung turun meninjau lokasi banjir kepulungan yang menerjang puluhan rumah warga, Kamis (4/2/2021) siang.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
(Surya/Galih Lintartika)
Pasca banjir kepulungan Kabupaten Pasuruan 

Reporter : Galih Lintartika | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan langsung turun meninjau lokasi banjir kepulungan yang menerjang puluhan rumah warga, Kamis (4/2/2021) siang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Anang Saiful Wijaya, bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melihat lokasi dampak banjir, sungai Kembeng, dan keluarga korban banjir Kepulungan.

Sekadar informasi, banjir yang terjadi di Kepulungan membuat enam rumah rusak rata dengan tanah, 13 rumah rusak parah, puluhan rusak ringan. Tak hanya itu, banjir juga menewaskan seorang nenek dan cucu perempuan.

Sekda Anang Saiful Wijaya mengatakan, pihaknya ikut prihatin atas bencana yang terjadi di Desa Kepulungan ini. Atas intsruksi Bupati Pasuruan, pihaknya akan segera melakukan penanganan.

Tahap awal, ia sudah berkoordinasi dengan Provinsi dan pusat terkait penanganan sungai ini. Namun, Pemkab Pasuruan akan melakukan upaya awal dengan memasang sandbag.

Hujan Deras Picu Banjir Bandang di Besowo Kepung Kediri Merusak Penampungan Air

Longsor Timbun Empat Rumah di Ponorogo, BPBD Antisipasi Longsor Susulan

Dilema Pembuat Peti Jenazah Covid-19 di Trenggalek, Pesanan Meningkat: Kok Belum Sembuh-sembuh

"Ini penahan agar air tidak sampai meluber ke jalan atau bahkan sampai menggenangi rumah warga kembali. Itu akan kami lakukan, termasuk pembersihan sisa sampah yang menutupi sungai," kata Anang, sapaan akrab Sekda.

Anang menjelaskan, setelah itu, Pemkab akan menanggung penuh bantuan untuk rumah warga yang rusak. Namun, karena ini bangunan permanen, jadi perlu waktu beberapa bulan.

"Ini tadi pak kades sudah saya minta menyetorkan data yang detail dan lengkap. Setelah itu, nanti akan segera kami proses. Nanti bantuannya akan masuk ke rekening masing - masing korban banjir kepulungan ini," papar dia kepada TribunJatim.com.

Hari ini, sejumlah pihak sudah mulai membersihkan sisa - sisa sampah dan pohon - pohon yang terbawa banjir kemarin. Warga sudah sepenuhnya diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved