Breaking News:

Ratusan Emak-emak Mengungsi di Kantor Desa, Gondangmanis Jombang Paling Parah Terendam Banjir

Ratusan warga terpaksa mengungsi setelah rumahnya terendam air banjir dampak jebolnya tanggul di dua sungai Sungai Afvour Besuk dan Sungai

TribunJatim.com/ M Romadoni
Banjir di Jombang karena jebolnya tanggul 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Ratusan warga terpaksa mengungsi setelah rumahnya terendam air banjir dampak jebolnya tanggul di dua sungai Sungai Afvour Besuk dan Sungai Afvour Brawijaya, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Paling parah banjir merendam permukiman penduduk di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Tiga dusun terendam banjir di Desa Gondangmanis yaitu Dusun Manisrenggo, Kandangan, Prayungan dan  Gondangmanis bahwa ketinggian air  mencapai sekitar dua meter pada titik terendah.

Sedangkan, daerah terdampak banjir juga menggenangi Desa Banjarsari, Brangkal, Desa Pucangsimo dan Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Tanggul Jebol Sejumlah Desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang Terendam Banjir 

Dampak jebolnya dua jebol tersebut kini, Jumat (5/2/2021) semakin meluas mengakibatkan warga tidak dapat beraktivitas di dalam rumah karena terendam banjir sehingga mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Informasi dari Pemerintah Desa setempat setidaknya ada kurang lebih sebanyak
231 orang yang mengungsi di ruangan aula Kantor Desa Gondangmanis, pada Jumat (5/2) sekitar pukul 10.00 WIB.

Rumini (58) warga setempat mengaku dia terpaksa mengungsi ke Kantor Kelurahan Gondangmanis lantaran rumahnya terendam air banjir. Apalagi gara-gara banjir, ia juga tidak dapat memasak untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi keluarganya.

"Tadi saya mengungsi ke balai desa pagi tadi pukul 07.00 WIB karena air banjir semakin tinggi padahal kemarin malam itu setinggi lutut orang dewasa," ungkapnya.

Menurut dia, ketinggian banjir di permukiman penduduk lokasi rumahnya kini mencapai sekitar satu meter. Air banjir naik secara signifikan sehingga warga tidak sempat menyelamatkan perabotan rumah tangga.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved