Breaking News:

Atasi Banjir di Jombang, Perbaikan Tanggul Kali Konto Ditarget Bisa Selesai dalam 3 Hari

Untuk mengatasi banjir di Jombang, perbaikan tanggul Kali Konto ditarget bisa rampung dalam waktu tiga hari.

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke Tanggul Rolak 70 yang jebol di Desa Bugasur Kedaleman, Kecamatan Gudo, Jombang, Sabtu (6/2/2021) sore. 

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke Tanggul Rolak 70 yang jebol di Desa Bugasur Kedaleman, Kecamatan Gudo, Jombang, Sabtu (6/2/2021) sore.

Peninjauan tersebut dilakukan terkait penyebab banjir yang merendam empat desa di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Tanggul jebol sepanjang 15 hingga 20 meter menyebabkan aliran Sungai Konto meluber bebas hingga ke jalan nasional di Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Saat ini, dua buah ekskavator telah beroperasi di sana untuk mengambil material sampah di badan sungai, dan juga petugas melakukan pembangunan tanggul penahan sementara.

Yang dilakukan adalah menumpuk sandbag, biobag dan juga nantinya akan ditambah dengan besek.

Serta saat ini sedang dilakukan pemasangan penahan menggunakan balok-balok kayu sebagai pengganti pile.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, diperkirakan proses tanggap darurat pemasangan pile ini bisa rampung dalam dua tiga hari.

Gubernur Khofifah Tinjau Banjir di Jombang, Sebut Penyebabnya Sedimentasi dan Sampah di Kali Konto

Bluru Kidul Jadi Daerah Pertama di Sidoarjo yang Terapkan PPKM Mikro, Warga Bekerja Diperbolehkan?

Peyangga tersebut diproyeksi bisa menahan aliran air hingga 80 persen sehingga tidak meluber berlebihan ke permukiman warga dan juga jalan raya.

"Saat ini kita sedang siapkan penyangga. Airnya mengalir ke sawah, jalan dan permukiman karena tanggulnya jebol hingga jalur airnya ini tebuka. Nah sekarang kita sedang lakukan pemasangan tiang pancang dengan kayu. Dua tiga hari kalau sudah ada pengaman ini maka 80 persen arus air tidak akan meluber ke sawah dan jalan," kata Khofifah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved