Breaking News:

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri Tak Gelar Perayaan Imlek, Atraksi Barongsai Ditiadakan

Untuk menghindari kerumunan, Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri tak menggelar perayaan Imlek, atraksi barongsai ditiadakan.

TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Kelenteng Tjoe Hwie Kiong yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Kota Kediri, Kamis (11/2/2021). 

Reporter: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kelenteng Tjoe Hwie Kiong di Kota Kediri tahun ini memutuskan untuk tidak mengadakan perayaan Imlek agar tidak terjadi kerumunan masyarakat.

Upaya itu juga sejalan untuk mematuhi ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro saat pandemi Covid-19 (virus Corona).

Umat Konghucu akan melakukan peribadatan dan perayaan Imlek di rumah masing-masing agar tidak terjadi kerumunan.

Pengurus Yayasan Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri, Prajitno Sutikno, menjelaskan, atraksi pertunjukan kesenian barongsai yang biasa digelar saat Imlek, tahun ini tidak digelar.

“Karena masih pandemi Covid-19, perayaan Imlek di kelenteng ditiadakan dan peribadatan tidak terbuka untuk umum,” jelas Prajitno Sutikno, Kamis (11/2/2021).

Jelang Libur Panjang Imlek 2021, Satgas Covid-19 Kota Blitar Gencarkan Operasi Yustisi di Perbatasan

Libur Tahun Baru Imlek Saat Pandemi, Tiket KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Sudah Terjual 90 Persen

Sementara itu, Bagian Humas Yayasan Tri Dharma Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, Halim Prayogo, menjelaskan, pengurus kelenteng sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kota Kediri.

"Karena pemberlakuan PPKM berbasis mikro, maka perayaan dengan pagelaran barongsai kita tiadakan," jelasnya.

Absennya kesenian barongsai tidak mengurangi kekhusyukan umat untuk tetap menyambut Imlek. Ritual penyambutan Imlek masih tetap dilakukan.

“Ritual menyambut Imlek membersihkan patung-patung dewa tetap kami lakukan. Itu pun ada pembatasan umat, sekitar 20 orang saja,” ungkapnya.

Ramalan Shio Jelang Tahun Baru Imlek 12 Februari 2021: Tikus hingga Macan, Intip Peruntunganmu!

Klenteng Eng An Kiong Malang Tak Gelar Perayaan Imlek Kecuali Sembahyang, Imbas Pandemi Covid-19

Pengurus yayasan mengimbau kepada umat Kelenteng Tjoe Hwie Kiong untuk melaksanakan ibadah di rumah masing-masing, karena peribadatan Imlek di kelenteng dilaksanakan terbatas dengan protokol kesehatan ketat.

Sebelumnya, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, telah memutuskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, mulai 9 Februari sampai dengan 22 Februari 2021.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved