Breaking News:

Gandeng Lazismu, Puskesmas Laren Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi untuk ODGJ

Jumlah penderita Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Lamongan Jawa Timur terus bertambah

surya/Hanif Manshuri
Bantuan ekonomi produktif untuk 60 ODGJ di wilayah Laren dari Lazismu melalui pendamping ODGJ Puskesmas Laren, Irwan, Kamis (12/2/2021) 

Reporter : Hanif Manshuri | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Jumlah penderita Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Lamongan Jawa Timur terus bertambah dan butuh penanganan yang serius dengan melibatkan banyak pihak.

Masalah yang sering dihadapi oleh ODGJ yang telah dinyatakan sembuh dan harus menjalani terapi pengobatan mandiri seringkali harus berhadapan dengan stigma yang tidak baik di masyarakat.

Stigma ODGJ yang masih melekat di masyarakat belum sepenuhnya dipahami betul oleh sebagian orang. Bahwa mereka juga saudara dalam kemanusiaan, mereka memiliki hak yang sama untuk bekerja, dilibatkan dalam urusan kemasyarakatan dan lain lain.

Itulah yang membuat Lazismu Lamongan bersama Puskesmas Laren bekerja sama untuk mengurai masalah tersebut.

AKP Yoan Septi Hendri, Dinobatkan Kasat Reskrim Terbaik Kapolda Jatim Award

Imlek di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung, Jelang Siang Baru 15 Umat Yang Sembahyang

ABG Masih SMP Digerebek Mesum Sudah Lucuti Baju di Gubuk Tengah Sawah, Warga Syok Temukan Kondom

Inisiasi itu dibuktikan, pertama dengan menyerahkan sebagian bantuan ekonomi produktif untuk 60 ODGJ di wilayah Laren.

"UPT Puskesmas Laren punya Griya Mandiri, khusus membantu teman-teman ODGJ berkembang dengan menjahit, membuat tas dan kerajinan tangan lainnya, " ungkap pendamping ODGJ Puskesmas Laren, Irwan, Kamis (11/2/2021).

Pihkanya memandang perlu untuk menggandeng Muhammadiyah, utamanya dengan Lazismu untuk bersama sama mengelola Griya mandiri. "Mengangkat derajat ekonomi ODGJ agar dapat mandiri di tengah masyarakat," katanya.

Banyak ODGJ yang butuh pendampingan dan support dari masyarakat luas. Mereka punya keterampilan yang unik, seperti membuat kerajinan tangan, membuat tas dari plastik dll, dan Griya mandiri ini adalah wadahnya.

Ketua Pengurus Lazismu Lamongan, Sujudna, saat menyerahkan bantuan mengungkapkan, bahwa ini adalah langkah pertama Lazismu untuk penanganan ODGJ.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved