Breaking News:

Libur Panjang Tahun Baru Imlek, Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Ada Surat Negatif Covid-19

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero tetap memberlakukan aturan wajib surat keterangan negatif Genose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Yoni Iskandar
SURYA/FARID MUKARROM
Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko saat diwawancarai di Stasiun Kediri Selasa (29/12/2020). 

Reporter : Achmad Amru Muiz | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero tetap memberlakukan aturan wajib surat keterangan negatif Genose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR bagi penumpang KA Jarak Jauh.

Pengambilan sample tersebut maksimal diambil dalam kurun waktu 3 X 24 jam sebelum jam keberangkatan. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan sample diambil maksimal dalam kurun waktu 1 X 24 jam sebelum keberangkatan.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mendamingi VP Public Relations KAI, Joni Martinus menjelaskan, aturan tersebut sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19.

Dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Ucapan Syukur Adik Adit Pasca Heboh Batal Nikah Disorot, Sindir Ayu Ting Ting? Singgung Berita

Gus Baha : Bagaimana Mungkin Maulid dan Tahlil Dikatakan Bidah?

Ngaku Bukan Keturunan Tionghoa, Gisella Anastasia Tak Rayakan Imlek, Nebeng, Bantu Ibu Wijin Masak

"Dalam aturan tersebut juga disebutkan bahwa persyaratan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR tidak diwajibkan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun," kata Ixfan Hendriwintoko dalam rilisnya, Kamis (11/2/2020).

Dijelaskan Ixfan Hendriwintoko, saat ini KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp20.000 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta. Dan sampai dengan tanggal 8 Februari 2021 lalu jumlah pelanggan yang telah menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di dua stasiun KA tersebut telah mencapai 8.990 orang.

Untuk menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun KA, dikatakan Ixfan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum dilakukan pemeriksaan. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Pada saat pelaksanaan, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Di samping itu, ungkap Ixfan, KAI juga masih menyediakan rapid tes antigen seharga Rp 105.000 di 46 stasiun Kereta Api. Diantaranya di Stasiun KA masuk wilayah KAI Daop 7 Madiun, diantaranya Stasiun KA Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, Kertosono, Mojokerto, dan Tulungagung,

Setiap penumpang KA Jarak Jauh, tambah Ixfan, harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

"Para penumpang juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung selama perjalanan KA. Bagi pelanggan KA yang perjalanannya kurang dari 2 jam tidak diperkenankan untuk makan dan minum, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut," ucap Ixfan Hendriwintoko.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, imbuh Ixfanm setiap penumpang KA wajib untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"KAI berkomitmen menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 pada transportasi kereta api,” tutur Ixfan Hendriwintoko kepada TribunJatim.com.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved