Breaking News:

Lumajang Unjuk Gigi Segera Jadi Kawasan Percontohan Perhutanan Sosial

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melirik Kabupaten Lumajang untuk dijadikan pilot project pengembangan

istimewa
Bupati Thoriqul Haq saat memaparkan potensi hutan Lumajang di kawasan Siti Sundari 

Reporter : Tony H | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) digadang-gadang tengah melirik Kabupaten Lumajang untuk dijadikan pilot project pengembangan perhutanan sosial di Indonesia.

Dalam 3 hari lalu, beberapa pejabat Kemenko Marves tengah mengunjungi dua desa di Kecamatan Senduro, yakni Desa Ranupani dan Burno.

Rombongan itu meninjau langsung berbagai komoditas hasil pertanian dan potensi pariwisata dari Kecamatan Senduro. Mulai dari olahan susu, pisang hingga tempat wisata Siti Sundari dan B-29.

Belakangan Kecamatan Pasrujambe ternyata juga ikut disurvey. Sebab rupanya produk kopi wine khas Pasrujambe dikabarkan berhasil mencuri rasa penasaran rombongan.

VIRAL TERPOPULER: Pagi Kelam Gadis Bangun Tidur Disetubuhi 4 Pria hingga Sial Hidup Artis Gao Liu

Gus Baha Bercita-cita Setiap Masjid Ada Warkop, Ini Alasannya

Satu Lagi Pemain Timnas Indonesia Resmi Hijrah ke Liga Malaysia

Usai melakukan kunjungan, rombongan pejabat Kemenko Marves dan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menggelar hasil pemantauan.

Bupati Thoriq menyampaikan lingkungan perhutanan nasional di Kabupaten Lumajang berpeluang menjadi percontohan nasional.

Ia meyakini jika langkah-langkah yang dilaksanakan dilakukan dengan detil, maka dalam waktu dekat Lumajang akan menjadi kawasan Perhutanan Sosial yang baik.

"Kami Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus bersama-sama bekerja keras, supaya realisasi percepatan Program Perhutanan Sosial sesuai dengan harapan," kata Thoriqul Haq kepada TribunJatim.com., Jumat (12/2/2021).

Lebih lanjut, kata Thoriq, berkaitan dengan target tersebut pihaknya bersama Kemenko Marves juga sedang menyusun masterplan jangka panjang pengelolaan kawasan perhutanan sosial di Lumajang.

Hal itu meliputi rencana operasi dan aksi pengembangan perhutanan.

Selain program pengembangan perhutanan sosial, nantinya juga ada beberapa sub program lain, seperti agrowisata, agroindustri dan lain sebagainya.

Thoriqul berharap dari peninjauan Kementrian itu membuahkan hasil penilaian terbaik.

Sehingga Kabupaten Lumajang dapat segera menjadi pilot project pengembangan perhutanan sosial di Indonesia.

"Harapan saya Pasrujambe dan Senduro bisa segera jadi pilotproject perhutanan sosial. Karena jika itu terwujud akan bisa menjadi sektor yang bisa mensejahterakan masyarakat," pungkasnya kepada TribunJatim.com.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved