Breaking News:

Dapat Sanksi FIFA, PSM Terancam Absen Liga 1 2021 Akibat Nunggak Gaji Pemain

PSM Makassar mendapat hukuman berupa larangan mendaftarkan pemain selama tiga periode imbas sanksi yang diberikan oleh FIFA.

TWITTER.COM/PSM_Makassar
Giancarlo Lopes Rodrigues mendapat kue ulang tahun dari rekan satu tim di PSM Makassar. 

Editor : Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM - PSM Makassar mendapat hukuman berupa larangan mendaftarkan pemain selama tiga periode imbas sanksi yang diberikan oleh FIFA hingga terancan absen di kompetisi Liga 1 2021.

Bayang-bayang hukuman itu diberikan oleh FIFA lantaran PSM Makassar melakukan penunggakan gaji kepada mantan pemain asing mereka musim lalu, Giancarlo Lopes Rodrigues.

Bersama PSM Makassar, striker asal Brasil itu telah mencatatkan tiga penampilan di Liga 1 2020 serta membela Juku Eja di ajang Piala AFC 2020.

Pada akhir 2020, Giancarlo Rodrigues memutuskan hengkang dari PSM Makassar dan kini bermain untuk klub Liga Bangladesh, Sheikh Russel.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga sudah merespon hukuman dari FIFA yang diarahkan kepada PSM Makassar dengan surat bernomer 024/LIB-KOM/II/2021 pertanggal 15 Februari 2021.

"Surat itu sesuai petunjuk dari PSSI dan kami langsung follow-up," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, Senin (15/2/2021).

Berdasarkan keputusan Komite Disiplin FIFA Ref. nr. FFD-7297, 'Dispute Resolution Chamber' FIFA bernomor Ref. nr. 20-01217 dan surat PSSI bernomor 2053/UDN/836/I-2021, melalui surat tersebut PT LIB menegaskan ada tiga hal terkait sanksi PSM.

Pertama, FIFA memutuskan menghukum klub PSM Makassar berupa larangan pendaftaran pemain baik pada tingkat nasional maupun internasional paling lama selama tiga periode. pendaftaran atau sampai kewajiban klub diselesaikan.

Kedua, berdasarkan surat PSSI, PT LIB akan melakukan pemblokiran terhadap sistem pendaftaran pemain PSM Makassar sampai kewajiban klub dipenuhi.

Ketiga, PT LIB menyampaikan tembusan surat keputusan tersebut kepada seluruh klub peserta Liga 1 dan Liga 2 2020.

Adapun, PT LIB dan PSSI ingin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 bisa digelar pada Mei atau Juni tahun ini.

Bila kompetisi musim 2021 nanti bergulir sesuai rencana dan pihak PSM belum menyelesaikan kewajiban tunggakan gaji Giancarlo Rodrigues, mereka tidak bisa mendaftarkan satu pun pemain lokal maupun asing.

Itu artinya, PSM Makassar terancam tidak bisa mengikuti kompetisi Liga 1 2021.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tunggak Gaji Pemain, PSM Makassar Disanksi FIFA dan Terancam Tak Bisa Ikut Kompetisi"

Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved