Breaking News:

Gelar Syaikhona Kholil Bangkalan Sebagai Pahlawan Nasional, MH Said Abdullah : Mensos Setuju

Ulama besar Kiai Haji (KH) Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura Jawa Timur diusulkan mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional

freepik.com
HUT Kemerdekaan RI ke-75 

Reporter : Ali Syahbana | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Ulama besar Kiai Haji (KH) Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura Jawa Timur diusulkan mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional dari Pemerintah Indonesia pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Alasannya, selain telah melahirkan banyak ulama besar dan kiprah semasa hidupnya sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan RI

Menanggapi hal ini, Ketua Badan Anggaran DPR RI MH Said Abdullah menyatakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini telah memproses usulan Al-'Alim al-Allamah asy-Syekh Haji Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Basyaiban al-Bangkalan al Maduri al-Jawi as-Syafi'i atau Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional.

"Saya sudah hubungi Mensos dan minta agar secepatnya diproses. Mensos setuju dan menjamin usulan Waliyullah Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional akan diperjuangkan hingga ke Presiden RI," kata MH Said Abdullah pada hari Rabu (17/2/2021).

Politisi senior PDI Perjuangan asal Sumenep ini juga menceritakan, sesuai hasil pembicaraan dengan Mensos, terdapat beberapa kekurangan data pendukung atas usulan tersebut dan diminta segera dilengkapi oleh Pemkab Bangkalan.

Dari itulah, pihaknya sungguh berharap Pemkab Bangkalan melengkapi data pendukung yang dibutuhkan oleh Kementerian Sosial.

Baca juga: Gus Baha Ngaji Selalu Bawa Kitab, Ini Alasannya

Baca juga: Bupati Jember Faida Resmi Lengser, Tak Ada Yang Perlu Ditangisi dan Disesali

Baca juga: Reino Barack Biasanya Cool, Terekam Kelakuan Asli Suka Nari Balet, Syahrini Terkekeh: Maaf Pemirsa

"Semoga gelar pahlawan nasional kepada Waliyullah Syaikhona Kholil menjadi kado bagi kita semua pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI," katanya kepada TribunJatim.com.

Syaikhona Kholil adalah ulama besar bangsa ini yang merupakan maha guru dari para ulama besar lainnya, diantaranya seperti KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah, KH As 'ad Syamsul Arifin, KH Bisri Syansuri, KH Ahmad Siddiq, dan HOS Cokroaminoto.

Bahkan, Presiden Pertama yang juga Proklamator Kemerdekaan RI, Ir Soekarno mengaku dan diakui sebagai murid Syaikhona Kholil.

Halaman
12
Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved