Breaking News:

Siap-siap PKH Plus 2021 Cair Awal Maret, Diperluas untuk 50 Ribu Sasaran di 15 Kabupaten Jawa Timur

Siap-siap PKH Plus 2021 cair mulai awal Maret 2021. Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Alwi mengatakan 50 Ribu sasaran diperluas di 15 Kabupaten.

SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Alwi. 

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) siap untuk mencairkan program Jatim Sejahtera untuk lansia yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) Plus, awal Maret 2021.

Karena masa pandemi virus Corona ( Covid-19 ) menambah masyarakat ekonomi lemah, maka tahun ini sasaran penerima manfaat PKH Plus diperluas dan diperbanyak. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Alwi mengatakan, tahun 2021 ini ada 50.000 lansia penerima manfaat PKH Plus. 

Baca juga: Trauma Healing Anak-anak Korban Longsor, Bunda Paud Kabupaten Nganjuk Bawakan Boneka Menik Menuk

Baca juga: Forkopimda Kota Malang Datangi RSIA Mardi Waloeja Rampal, Tinjau Kesiapan Vaksinasi Covid-19

Para penerima manfaat tersebut tersebar di 15 kabupaten di Jawa Timur

"Tahun sebelumnya sasaran PKH Plus ini penerimanya hanya ada di 10 kabupaten kota. Tapi di masa pandemi ini kita tahu bahwa banyak masyarakat yang terhimpit ekonomi maka sasarannya diperluas ke-15 daerah kabupaten," kata Alwi

Daerah penerima PKH Plus yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan.

Kemudian juga Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Nganjuk. 

Baca juga: Vaksin tahap Kedua Untuk Pekerja Publik Demi Kendalikan Covid-19 di Indonesia

Baca juga: Doa Malam Jumat 7 Rajab 1442 dan Manfaat Khusus Baca Surat Yasin, Al Mulk, Al Waqiah dan Al Kahfi 

Melalui program PKH plus ini Ali menegaskan bahwa para penerima manfaat akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 2 juta dalam setahun. Yang pencairannya dilakukan setiap 3 bulan sekali. 

"Para penerima manfaat ini Tentunya adalah yang termasuk lansia yang umurnya lebih dari 60 tahun yang termasuk dalam keluarga tidak mampu. Mereka mendapatkan pencairan langsung ke rekening mereka masing-masing," tegas Alwi

Ditegaskan Alwi bahwa para penerima manfaat PKH Plus ini sudah dilakukan pendataan dan juga validasi di lapangan. Sehingga awal bulan Maret 2021 ini pencairan tahap pertama untuk program PKH Plus tahun 2021 bisa segera dicairkan. 

Di sisi lain jika tahun 2020 lalu ada bantalan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial berupa tambahan anggaran penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) di kelurahan, maka dipastikan Alwi bahwa tahun ini anggaran tersebut sudah tidak ada. 

"Batuan tersebut sudah tidak ada di tahun 2021 ini. Karena kita tahu bahwa pemulihan ekonomi sudah relatif membaik sehingga anggaran itu sudah tidak ada di tahun ini," pungkas Alwi

Akan tetapi hal ini menegaskan bahwa bantalan lain dari pemerintah pusat seperti BST kemudian BPNT dan juga PKH dari pusat juga masih tetap berjalan. 

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved