Terbang Bersama Roket NASA, Nama Bonek Mendarat di Mars

Nama dari suporter Persebaya Surabaya yang akrab dikenal Bonek telah sukses mendarat di Planet Mars bersama wahana penjelajah NASA.

Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/HABIBUR ROHMAN
Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, saat menyaksikan laga Persebaya vs Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (3/4/2019). 

Editor : Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM - Nama dari suporter Persebaya Surabaya yang akrab dikenal Bonek alias Bondo Nekat telah sukses mendarat di Planet Mars bersama wahana penjelajah, Perseverance milik NASA.

Bonek sendiri memang cukup terkenal sebagai suporter yang kreatif, juga loyal dalam mendukung klub kebanggaannya. Di mana pun Persebaya bermain, pasti ada Bonek di sana.

Setelah booming dengan aksi hujan bonek di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), terbaru nama mereka turut serta dalam penerbangan ke Planet Mars.

Dikutip dari Kompas.com, sinyal tanda kepada pusat kendali bahwa Perseverance mendarat di Mars dalam kondisi aman, muncul 20:55 GMT atau pukul 03:55 dini hari WIB (19/2/2021).

Nama Bonek menjadi satu dari jutaan nama yang masuk dalam daftar penumpang Roket Atlas V milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA).

NASA memberi kesempatan kepada umat manusia untuk mendaftarkan namanya sebagai penumpang pesawat Atlas V yang terbang ke Planet Mars pada 30 Juli 2020 lalu.

Nama Bonek pun tercantum dalam daftar penumpang pesawat penjelajah tersebut. Misi utama perjalanan ini adalah mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Planet Mars.

Setelah terbang selama 203 hari dalam perjalanan sejauh 293 juta kilometer, Atlas V berhasil mendarat di Planet Mars. Laman resmi NASA turut mengunggah detik-detik pendaratan pesawat tersebut di Planet Mars.

"Pendaratan ini adalah momen bersejarah bagi NASA, Amerika Serikat, dan dunia penjelajahan antariksa," ujar Administrator NASA, Steve Jurczyk, dikutip laman resmi NASA.

"Kami sedang dalam tahap memperbarui ilmu pengetahuan dan memperbarui buku pelajaran," ujar Jurczyk melanjutkan.

"Misi Mars 2020 Perseverance mewujudkan semangat bangsa kita untuk bertahan bahkan dalam situasi yang paling menantang, menginspirasi, dan memajukan sains dan eksplorasi"

"Misi itu sendiri mempersonifikasikan cita-cita manusia untuk bertahan menuju masa depan dan akan membantu kita mempersiapkan diri untuk eksplorasi manusia di Planet Merah," jelasnya.

Usut punya usut, Yudhiakto adalah sosok yang mengirimkan nama Bonek ke daftar penumpang bersama wahana penjelajah, Perseverance milik NASA.

Boarding pass Bonek untuk penerbangan ke Planet Mars
Boarding pass Bonek untuk penerbangan ke Planet Mars (tangkapan layar dari TWITTER.COM/emosijiwakucom)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved