Breaking News:

Peringati HPSN, Pemkot Batu Sama Sekali Tidak Bahas Pencemaran Lindi

Pemerintah Kota Batu menyelenggarakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Minggu (21/2/2021).

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Truk pengangkut sampah milik DLH Kota Batu berhenti di TPA Tlekung setelah menempatkan sampah pada sel-selnya, Senin (15/2/2021). 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATUPemerintah Kota Batu menyelenggarakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Minggu (21/2/2021).

Acara tersebut dihadiri Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama wakilnya, Punjul Santoso. Lalu juga ada perwakilan Kejaksaan Negeri Batu dan Kodim 0818/Malang-Batu.

Sehari sebelum acara peringatan HPSN digelar, Sabtu (20/1/2021), terdapat sebuah spanduk di dekat pintu masuk TPA Tlekung. Spanduk tersebut bertuliskan: Hari Peduli Sampah Nasional adalah momen penting bagi Pemerintah Kota Batu untuk menangani sampah dengan langkah nyata, bukan hanya seremonial. Sejumlah pihak yang coba dikonfirmasi oleh Surya menjawab tidak mengetahui siapa pihak yang memasang spanduk tersebut.

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Batu, Dewanti sama sekali tidak membahas tentang persoalan pencemaran air lindi yang mengalir hingga kawasan Desa Junrejo melalui sungai.

Baca juga: Pembatalan Tiket KA, PT KAI Daop 7 Madiun Memberi Tenggat Waktu 30 Hari

Baca juga: Jalan di Sidoarjo Banyak Yang Rusak, Dewan Mendesak Para Camat Segera Bertindak

Baca juga: Gara-gara Pisah Rumah dengan Istri, Sang Ayah Tega Cabuli 5 Anak Kandungnya, Hukuman Kebiri Menanti

“Bahwa permasalahan sampah tidak bisa diselesaikan sendirian. Dibutuhkan kerjasama dari seluruh pihak agar permasalahan sampah bisa diselesaikan,” kata Dewanti dalam rilis resmi yang dikeluarkan, Minggu (21/2/2021).

Dalam pernyataannya Dewanti justru berbicara agar sampah bisa dimanfaatkan untuk menopang kehidupan yang lebih baik.

“Berharap mari bijaksana mengelola sampah. Sebaiknya bisa memilah sampah dari rumah. Membuang sampah sesuai tempatnya agar bisa dikelola menjadi sesuatu yang berguna lagi bagi kehidupan kita,” kata Dewanti ketika di waktu yang sama air lindi terus menetes dari TPA Tlekung mencemari sungai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batu, Aris Setiawan menyampaikan Peringatan HPSN 2021 mengambil tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Perayaan tersebut juga mewacanakan tiga tujuan yaitu memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan, yakni menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

“Kedua, memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah,” ungkap Aris.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved