Breaking News:

UK Petra Umumkan Pemenang Desain Skematik Gedung Empat Fakultas Baru

Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya juga terus melakukan pengembangan melalui infrastrukur.

Istimewa
Gedung Universitas UK Petra Surabaya 

Reporter : Zainal Arif | Penulis : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM,  SURABAYA - Tidak hanya melakukan pembenahan melalui kurikulum, untuk menuju misi pengembangan kualitas pendidikan yang lebih baik Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya juga terus melakukan pengembangan melalui infrastrukur.

Dalam hal ini, UK Petra mengadakan Sayembara Perancangan Desain Skematik Gedung Empat Fakultas Baru yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Keperawatan UK Petra.

Sayembara tersebut dilangsungkan dalam dua tahapan yaitu tahap pertama untuk memilih lima nominator terbaik yang akan mempresentasikan karya. Sementara pada tahap kedua diarahkan untuk menentukan urutan para pemenang.

Ketua Tim Sayembara dan Dosen Prodi Arsitektur UK Petra, Timoticin Kwanda menjelaskan sayembara ini merupakan langkah inisiatif dari Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) untuk melakukan pengembangan infrastruktur.

Sebelumnya peserta yang khusus terdiri dari alumni dan mahasiswa prodi Arsitektur UK Petra diminta terlebih dahulu untuk memasukkan karya buatannya kedalam bentuk soft copy PDF Single file dengan A1 lanscape maksimal lima lembar dengan hanya mencantumkan kode peserta saja bukan nama peserta.

Baca juga: Nissa Sabyan Sempat Bocorkan Sosok Pria Idaman: Gini!, Tunjuk Foto Teriak Girang, Feni Rose Kaget

Baca juga: Orang Asing Ramai-ramai Datangi Kampung Miliarder Tuban, Tawaran Menggiurkan, Mobil Hjngga Umrah

Baca juga: Gus Baha : Satu Sujud Itu Lebih Nikmat Dari Dunia Seisinya Kereen

Para peserta diharuskan dapat merancang lokasi gedung di kampus utara itu dengan syarat total luas lantainya sekitar ± 31.500 m2 dengan jumlah lantai sekitar 29 lantai, sedangkan luas lahan perancangan bangunannya mencapai ± 9.000 m2.

Karya desain arsitektur yang dibuat harus memenuhi beberapa kriteria yang sudah ditetapkan oleh UK Petra yaitu bangunan yang dirancang harus mencerminkan identitas UK Petra.

Seperti konsep berkelanjutan (energy terbarukan, hemat energy, mengurangi urban heat island effect dan lain-lain), konsep Smart Building, konsep tatanan ruang yang dinamis dan fleksibel, menganut prinsip-prinsip Universal Desain, Protokol Kesehatan serta gedung yang dirancang harus mampu menampung kapasitas 2.500 orang.

"Selama penjurian, terdapat 56 karya yang terdaftar dan 24 karya yang terkirim ke panitia baik secara perorangan maupun kelompok. Respon ini cukup bagus dan hasilnya sangat diluar dugaan," ungkap Timoticin Kwanda kepada SURYA.co.id, Minggu (21/2/2021).

Timoticin juga menambahkan, sayembara kini telah memasuki pengumuman para pemenang setelah melalui proses selama tiga bulan.

"Setelah mendengarkan presentasi dari lima nominator, akhirnya pimpinan YPTK Petra dan dewan juri memutuskan nomor SP26 yang terdiri dari David Wibowo Sampurna dan Suryanaga Tantora sebagai juara 1 dan berhak mendapatkan hadiah 50 juta rupiah dan sertifikat penghargaan," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Sementara juara 2 diraih oleh SP11 yang terdiri dari Ericko Setijobudi Limartha dan Jian Honardy Rayawang dan berhak memperoleh hadiah 30 juta rupiah.

Sedangkan juara 3 mendapatkan uang senilai 20 juta rupiah dan diraih oleh SP09 yaitu Benny Gunawan, Guszeus Wisnu, Rezky Andi Saputra, Ronaldo Fantoni, Andrew Laksmana, dan Daniel Richard.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved