Breaking News:

10 Kampung KB di Situbondo Sudah Mandiri

Kebeeadaan kampung keluarga berencana ( KB) yang sempat di luncurkan Bupati Dadang Wigiarto, ternyata memiliki potensi besar di masyarakat.

izihartono/surya
Kantor DPPKB Situbondo 

Reporter : Izi Hartono | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Kebeeadaan kampung keluarga berencana ( KB) yang sempat di luncurkan Bupati Dadang Wigiarto, ternyata memiliki potensi besar di masyarakat.

Salah satunya, untuk meningkatkan kesejahteraan dan tarag hidup masyatakat yang berada di kawasan terolisolir.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkab Situbondo, Imam Gazali mengatakan, sejak pencanangan kampung KB pada tahun 2016, hingga saat ini sudah ada sebanyak 38 kampung KB yang terbentuk

"Alhamdulillah, karena ini program baru yang membutuhkan kebersamaan dengan sejumlah dinas. Dari 38 kampung KB, 50 persen sudah berjalan," ujar Imam Gazali kepada Surya.

Sementara itu, kata Imam Gazali, beberapa kampung KB yang tidak berjalan, dikarena banyak faktor letak geografis dan medannya yang sulit.

Baca juga: Ketua DPD RI, LaNyalla Desak Pemerintah Lakukan Lima Langkah Ini Atasi Darurat Lahan Pangan

Baca juga: Gus Baha : Tidak Mampu Berhaji, Kasi Uang Orang Yang Berhaji, Ini Alasannya

Baca juga: Heny Budi Utami The Best Vokalis CB Band Veteran Kediri Berpulang

"Sebenarnya di tahun 2020 kita sudah mau berkalobarasi, namun karena ada pandemi covid terhambat. Tapi kita tetap rencanakan ada,":jelasnya.

Kampung KB, lanjut Imam, yang sekarang berganti nama kampung berkwalitas sentralnya berada di desa, karena kampung berkwalitas dibawah kendali kepala desa.

"Kades tidak perlu banyak mencari program supaya desa maju, cukup memamfaatkaj kampung KB sudah cukup untuk mennsejahterakan masyarakatnya," tukasnya.

saat ditanya respon kades terkait keberadaan kampung KB, Imam menegaskan biasa biasanya, bahkan ada kades yang telah menggarkan melalui Musrembang Kecamatan untuk kampung KB tersebut.

"Tujuan kampung KB itu mensejahterakan masyarakat sendiri dilingkungan desanya. Makanya saya selalu sampaikan setiap sosialisasi, jika desa ingin memajukan rakyatnya dak perlu repot dan tinggal nggambil program di kampung KB," katanya kepada TribunJatim.com.

kreteria kampung KB itu ada tiga, diantarara kampung KB dasar, berkembang dan mandiri.

"Sampai saat ini yang mandiri ada 10 desa, saya berharap di tahun 2021 ada 50 persen yang madiri," pungkasnya

Penulis: Izi Hartono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved