Breaking News:

Pengangguran di Jatim

Breaking News, Jatim Sedang Dihantam Gelombang Ombak Tinggi Pengangguran

Kebijakan Presiden Indonesia, Jokowi dalam meneken Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 untuk menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Kepala Badan Pusat Statistik Jatim, Dadang Hardiwan. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kebijakan Presiden Indonesia, Jokowi dalam menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 untuk menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional sepertinya memanglah tidak salah.

Pasalnya, dampak dari adanya bencana non alam tersebut telah membuat salah satu provinsi di Pulau Jawa yang terkenal dengan moto "Jer Basuki Mawa Beya", yakni Jawa Timur (Jatim) mengalami gelombang ombak pengangguran yang tinggi.

Saat diwawancarai TribunJatim.com, secara eksklusif melalui via WA, Senin (22/2/21), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan, selama pandemi Covid-19 atau sepanjang 2020 (kurun waktu Januari-Agustus) angka pengangguran di Jatim tercatat ada sebanyak 1,3 juta jiwa (1.301.145 orang).

Baca juga: Soekarno Gagal Kabur Kala Soeharto Berkuasa, Ajudan Sebut karena 1 Hal hingga Pesan untuk Megawati

"Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 2,03 persen atau bertambah sebanyak 466.015 jika dibandingkan diperiode yang sama pada tahun 2019," ujar Dadang.

Kata Dadang, pada 2019 (kurun waktu Januari-Agustus) angka pengangguran di Jatim mencapai 835.130 jiwa.

Dikatakan pula oleh Dadang, data sebanyak 1,3 Juta orang yang masih mengalami pengangguran di sepanjang 2020 kemarin itu diambil berdasarkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).

"Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sendiri adalah persentase jumlah penganggur terbuka terhadap jumlah angkatan kerja," sambung dia.

Adapun jumlah angkatan kerja Jatim hingga sampai Agustus 2020 sendiri ada sebanyak 22,26 juta orang, naik sebesar 396,37 ribu orang dibanding Agustus 2019.

Dari data TPT itu pula yang mendominasi adalah lulusan dari SMA dan SMK.

Halaman
123
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved