Breaking News:

Diduga Rem Blong Truk Sasak Dua Kendaraan, Jalur Surabaya - Malang Lumpuh

Kecelakaan kembali terjadi di Jalur Malang - Surabaya, Senin (22/2/2021). Kecelakaan terjadi di Dusun Kademangan, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari,

(Surya/Galih Lintartika)
Tiga kendaraan mengalani kecelakaan di Jalur Surabaya - Malang. 

Reporter : Galih Lintartika | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Kecelakaan kembali terjadi di Jalur Malang - Surabaya, Senin (22/2/2021). Kecelakaan terjadi di Dusun Kademangan, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang melibatkan tiga kendaraan ini. Namun, kecelakaan sempat membuat lumpuh jalur Surabaya - Malang sekitar 90 menit karena proses evakuasi kendaraan.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah Truk besar Nopol W 8685 XD, dikemudikan Rossandy Adi Irawan warga Kecamatan Wonoayo, Kabupaten Sidoarjo. Truk ini milik sebuah perusahaan di Sidoarjo.

Selain itu, Truk Box Nopol N 9151 EC yang dikemudikan Nurushoba, warga Sangubayu, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, dan Daihatsu Xenia Nopol L 1891 RC yang dikemudikan Hendro Susanto, warga Surabaya.

Kecelakaan itu bermula saat truk besar yang melaju dari arah Malang ini mendadak oleng. Lajunya sudah tidak stabil. Diduga kuat, rem yang ada di truk ini tidak berfungsi secara maksimal.

Baca juga: Faktor Cuaca Bikin Harga Cabai Rawit Mahal, Begini Solusi Disdag Surabaya untuk Kebutuhan Keluarga

Baca juga: Gus Baha : Tidak Mampu Berhaji, Kasi Uang Orang Yang Berhaji, Ini Alasannya

Baca juga: Ketua DPD RI, LaNyalla Desak Pemerintah Lakukan Lima Langkah Ini Atasi Darurat Lahan Pangan

Akibatnya, truk oleng ke kanan melewati median jalan. Truk masuk ke jalur Surabaya menuju Malang. Di jalur itu, truk menabrak truk box dengan keras. Truk box terlempar, dan menimpa pagar rumah warga yang ada di pinggir jalan.

Tak berhenti disitu, truk akhirnya juga menabrak Daihatsu Xenia yang juga melaju dari arah Surabaya - Malang. Setelah menabrak dua kendaraan, truk baru berhenti dan tidak menabrak kendaraan lainnya.

"Kejadiannya cepat sekali. Tadi saya melihat truk mendadak oleng ke kanan. Truk langsung menabrak truk box dan menabrak mobil. Terdengar suara benturan yang keras sekali," kata Sanan, warga setempat kepada TribunJatim.com.

Rossandy Adi Irawan, sopir truk besar mengaku panik saat mengetahui remnya tidak berfungsi semestinya. Ia berusaha tenang, namun tidak bisa. Ia pun sempat kebingungan menentukan sikap saat itu.

"Akhirnya saya putuskan membanting setir ke kanan. Saya sudah memperkirakan itu keputusan yang memungkinkan, kalau saya biarkan lurus, bisa banyak korbannya dan semakin tidak memungkinkan kejadiannya," akunya kepada TribunJatim.com.

Kanit Laka Lantas Polres Pasuruan Iptu Marti mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kecelakaan ini. Ia menyebut, timnya juga sudah mengumpulkan barang bukti dan olah tkp untuk mencari penyebab kecelakaan ini.

"Sementara ini dugaannya hanya rem blong. Tapi kami masih dalami. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tapi, proses evakuasi kendaraan sempat membuat arus lalu lintas Malang - Surabaya, atau sebaliknya macet. Tapi itu sebentar, sekarang lancar," tutup dia.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved