Breaking News:

Wujud Gerakan Politik Hijau, PDIP Jatim Ikut Tanam Pohon dan Bersih Sungai

DPD PDI P Jawa Timur ikut membersihkan dan menanam pohon di Daerah Bantaran Sungai Ciliwung. Kegiatan ini menjadi wujud politik hijau yang digaungkan

TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
PDIP tanam pohon di bantaran sungai Ciliwung 

Reporter: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPD PDI P Jawa Timur ikut membersihkan dan menanam pohon di Daerah Bantaran Sungai Ciliwung. Kegiatan ini menjadi wujud politik hijau yang digaungkan PDIP.

Kegiatan ini menjadi rangkaian agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan DPP PDI Perjuangan (PDI-P). Acara ini diikuti Anggota Fraksi PDI-P di seluruh Indonesia. 

Acara ini bertema Bimtek Sungai Sumber Peradaban. DPP PDI-P ingin mengajak seluruh kadernya secara gotong-royong bersama masyarakat untuk membersihkan bantaran Ciliwung.

“Kegiatan seperti ini tentu sangat positif. Salah satu manfaatnya adalah menyelamatkan lahan kritis di sekitaran aliran Sungai Ciliwung,” ujar Ketua DPD PDI P Jatim Kusnadi setelah mengikuti bersih-bersih dan penanaman pohon PDI-Perjuangan di Daerah Aliran Sungai Ciliwung, Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan, Minggu (21/02/2021).

Baca juga: Soekarno Gagal Kabur Kala Soeharto Berkuasa, Ajudan Sebut karena 1 Hal hingga Pesan untuk Megawati

Menurut Kusnadi, sangat penting menjaga vegetasi di sekitar bantaran Sungai Ciliwung. Selain menjaga pengikisan tanah di pinggiran sungai, penanaman pohon juga bermanfaat bagi masyarakat yang hidup disekitar Sungai Ciliwung.

“Selain fungsi vital untuk menjaga erosi sungai, menjaga vegetasi di DAS Ciliwung juga berguna untuk membersihkan udara dari polusi, agar kualitas suplai oksigen untuk masyarakat sekitar lebih baik,” ungkap Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Diketahui, total jumlah pohon yang ditanam di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung sebanyak 2000 pohon. Dari jumlah bibit pohon yang ditanam tersebar di beberapa titik lokasi. 

Diantaranya, Depok, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara. Bibit pohon tersebut dibagikan kepada kader untuk kemudian ditanam bersama masyarakat. 

Mendampingi Kusnadi, Sekretaris DPD PDI-P Jatim  Sri Untari Bisowarno, Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPD PDI-P Jawa Timur Agus Wicaksono, serta Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Ideologi Daniel Rohi.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menyampaikan kegiatan membersihkan sungai merupakan bagian gerakan politik hijau yang dilakukan oleh partai berlambang banteng tersebut.

"Politik bukan sekadar merebut kekuasaan. Tapi, membangun kesadaran kita untuk mencintai alam semesta, merawat bumi," ujar Djarot dikutip dari Antara.

Djarot menegaskan kegiatan tersebut adalah bagian dari gerakan politik hijau dalam rangka melaksanakan Program Gerakan Penghijauan dan Bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS), Cinta Ciliwung Bersih, yang dicanangkan PDIP

"Ini dalam rangka menjalankan perintah Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri yang selalu mengingatkan kepada seluruh kader untuk menanam pohon," tutur Djarot.

Djarot juga mengingatkan bahwa gerakan yang dilakukan PDIP adalah gerakan yang berkelanjutan. "Ini dampaknya jangka panjang. Ini kan tidak bisa sekali," kata Djarot. (bob) 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved