Breaking News:

10 Lutung di JLC di Coban Talun Kota Batu Jalani Swab Covid-19

Java Langur Center (JLC) memeriksa kesehatan 10 Lutung Jawa di Coban Talun, Kota Batu, Selasa (23/2/2021). Kesepuluh Lutung itu memiliki nama Minah,

Benni Indo/Surya
Seekor Lutung Jawa menjalani proses cek kesehatan di Java Langur Center (JLC), Coban Talun, Kota Batu, Selasa (23/2/2021). 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Java Langur Center (JLC) memeriksa kesehatan 10 Lutung Jawa di Coban Talun, Kota Batu, Selasa (23/2/2021). Kesepuluh Lutung itu memiliki nama Minah, Mini, Rifka, Nurul, Nisa, Gunawan, Parti, Parmi, Bona, dan Joni.

Mereka menjalani pengecekan kesehatan dikarenakan baru datang. Manager JLC, Iwan Kurniawan mengemukakan, sepuluh Lutung tersebut, baru datang dari penyerahan masyarakat dan dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sendiri

"Diantaranya dari BKSDA Jogja ada 5 ekor, BKSDA Surabaya, penyerahan masyarakat dari Pasuruan Probolinggo. Jadi totalnya ada 10 ekor," ujarnya.

Res kesehatan dilakukan agar para lutung tersebut tidak memiliki penyakit menular alias sehat. Bahkan lutung juga menjalani tes swab Covid-19.

Baca juga: Kabar Gembira, Pertengahan Bulan Maret Penyelenggaran Ibadah Umrah Bisa Dibuka Kembali

Baca juga: WASPADA! SMS Penipuan Bantuan Dana dari BPJS Kesehatan, Kepala KC Kediri: Cermati Laman Resmi

Baca juga: Kabar Lucinta Luna Sudah Bebas Kini Hidup Tak Sama ‘Hilang’, Kondisi Rumahnya Disoroti, Fans Kangen

"Kemudian ada proses screening tes Swab Covid-19 untuk primata," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Cek kesehatan akan memakan waktu tiga tahap. 3 bulan ke depan dilakukan cek kesehatan tahap kedua sampai cek kesehatan lagi pasca karantina. Setelah melalui tahap kesehatan, kemudian dilakukan rehabilitasi dengan cara pengelompokan dan juga dikenalkan makanan alaminya.

"Nanti akan dilatih memanjat. Setelah mereka sudah solid menjadi kelompok, maka kita ajukan untuk dilepas liarkan. Sebelum dilepas liarkan akan dicek kesehatan lagi.

Proses pelepasliaran tergantung individunya. Rata-rata di atas satu tahun, baru dilepas liarkan. Ada 112 Lutung yang telah dilepaskan sepanjang 2011-2021.

Petugas kesehatan menemukan sebuah proyektil peluru pada seekor Lutung Jawa bernama Joni. Satu butir proyektil peluru itu ditemukan di selangkangan kaki bagian kirinya.

Saat proses pembedahan, Joni yang sebelumnya dibius, terbangun dari tidurnya. Kemudian dokter pun melanjutkan pembedahan dengan sedikit menjahit di bagian luka bekas peluru tersebut.

"Ini baru pertama ditemukan proyektil peluru. Biasanya tidak ditemukan hal seperti ini. Untungnya peluru itu tidak terkena hingga dalam daging," papar Iwan kepada TribunJatim.com

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved