Breaking News:

12 Dosen UMLA Lolos dan Dipercaya Terimana Dana Hibah Kemenristek untuk Penelitian

Sebanyak 12 dosen muda Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) dinyatakan lolos menerima dana hibah untuk penelitian dari pemerintah RI.

surya/Hanif Manshuri
Kampus Universitas Muhammadiyah Lamongan, Jalan Raya Ploso Wahyu Lamongan. 

Reporter : Hanif Manshuri | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Sebanyak 12 dosen muda Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) dinyatakan lolos menerima dana hibah untuk penelitian dari pemerintah RI.

Wakil Rektor II UMLA, Alifin dikonfirmasi Surya.co.id (Tribunjatim.com grup), semula dalam program ini yang mengajukan sebanyak 22 dosen. " Alhamdulillah, yang dinyatakan lolos sebanyak 12 dosen. Masing - masing dosen lolos dengan satu judul penelitian, " kata Alifin, Selasa (23/2/2021).

Menurut Alifin, belasan dosen yang dinyatakan lolos itu adalah dosen baru. Dan skenario pemanfaatan dan penyaluran dana hibah ini dilakukan melalui kontrak kepada masing-masing dosen penerima.

Sementara dua jenis kontrak penelitian itu adalah kontrak tahun tunggal dan kontrak tahun jamak. Pertama digunakan untuk kontrak penelitian yang pendanaannya hanya satu tahun. Sedangkan kontrak tahun jamak digunakan untuk kontrak penelitian yang pendanaannya lebih dari satu tahun.

“Jadi pencairan dana penelitian dilakukan dengan dua cara yaitu secara sekaligus dan secara bertahap, " ungkapnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: BREAKING NEWS - Mobil Warga Surabaya Seruduk Pohon di Akses Suramadu, Bagian Depan Ringsek Parah

Baca juga: Nissa Sabyan Sumpah Demi Allah Tak Selingkuh dengan Ayus, Ayah Nissa Kini Menghilang, Rumahnya Sepi

Baca juga: Gus Baha : Sedekah Itu Sesekali Perlu Dilakukan Secara Terang-terangan, Penjelasannya ini

Sejak berdirinya UMLA dana penelitian tahun ini merupakan jumlah yang paling banyak didapatkan oleh Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Ia berharap, kedepan Universitas Muhammadiyah Lamongan akan mendapatkan lebih banyak lagi untuk kepentingan pendidikan yang akan menghasilkan para dosen yang mempunyai kompetensi yang mumpuni.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Soni Purnomo menambahkan, dana hibah untuk penelitian yang di dapatkan Universitas Muhammadiyah Lamongan merupakan Proposal usulan tahun 2020 untuk pendanaan tahun 2021 dengan skema penelitian dosen pemula (PDP).

Kala itu ada 22 judul penelitian yang diajukan dengan 22 dosen. Namun pada pengumuman yang dituangkan dalam SK Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan tertanggal 18 Februari 2021, nomor B/112/E3/RA.00/2021.

“Semula proposal yang diajukan sebanyak 22 judul penelitian dan dinyatakan lolos 12 judul penelitian, karena satu judul, satu dosen, ” ungkapnya.

Rincinya, 12 judul penelitian tersebut terdiri dari 6 judul dari dosen Fakultas Sains, Teknologi & Pendidikan (FSTP), 3 judul dari dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis, dan 3 judul lagi dari dosen Fakultas Ilmu Kesehatan.

Lolosnya 12 dosen dalam program tersebut menggugah LPPM untuk terus mendorong dan memotivasi seluruh dosen untuk terus berkarya, baik tataran nasional maupun internasional.

Apa yang disuguhkan para dosen ini diharapkan menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved