Breaking News:

Dinsos Buka Data Penerima Bansos di Kampung Miliarder Tuban, Jumlah Bantuan Capai Seribu Lebih

Dinas Sosial buka data penerima bantuan sosial di kampung miliarder Tuban, jumlah bantuan mencapai seribu lebih.

TRIBUNJATIM.COM/M SUDARSONO
Rumah Tarsimah (65), warga Dusun/Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban, penerima bantuan sosial (bansos) pemerintah, Selasa (23/2/2021). 

Reporter: Mochamad Sudarsono | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Keberadaan kampung miliarder di Tuban, yakni di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, masih menjadi perbincangan hangat masyarakat.

Hal itu setelah aksi borong mobil yang dilakukan warga Desa Sumurgeneng, dan viral di media sosial pada Minggu (14/2/2021).

Data dari Kepala Desa Sumurgeneng, Gihanto menyebut, sejak pencairan uang pembebasan lahan Maret 2020 hingga kini, sudah ada sekitar 176 mobil baru yang dibeli warga, kebanyakan bermerek Toyota. 

Namun, ada berapa warga sekitar kilang minyak yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM), meliputi Desa Sumurgeneng, Wadung dan Kaliuntu, Kecamatan Jenu.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban, Joko Sarwono mengatakan, di tiga desa terdampak kilang minyak masih terdapat warga miskin yang termasuk KPM. 

Baca juga: Belasan Mobil Warga Kampung Miliarder Tuban Rusak Akibat Kecelakaan, Pemilik Belum Mahir Nyetir

Baca juga: Relokasi Mandiri 63 KK di Wadung Tuban Terdampak Kilang Pertamina, Dibangun Bak Perumahan Mewah

Untuk Desa Sumurgeneng ada 162 KPM Program Keluarga Harapan (PKH), 84 KPM Bantuan Sosial Tunai (BST), 310 KPM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Kemudian Desa Wadung 103 KPM PKH, 55 KPM BST, dan 173 KPM BPNT. Sedangkan Desa Kaliuntu 84 KPM PKH, 131 KPM BST, dan 140 KPM BPNT. 

"Itu data terakhir per bulan Februari ini, kalau total penerima bantuan di tiga desa berdasarkan data ada 1242 KPM," ujar Joko saat dikonfirmasi, Selasa (23/2/2021).

Dia menjelaskan, saat ini belum ada pembaharuan data penghapusan mengenai para miliarder baru yang sebelumnya sebagai KPM. 

Baca juga: Trailer Tabrak Dua Becak dan Hantam Rumah Terapi Mata Tuban Hingga Rusak Berat, Sopir Diduga Ngantuk

Baca juga: Kebakaran Pasar Kepoh Bojonegoro Hingga Melahap Habis 350 Kios Diduga Akibat Korsleting Listrik

Halaman
123
Penulis: M Sudarsono
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved