Breaking News:

Penanganan Covid

Menkes Budi Gunadi dan Gubernur Jatim Khofifah Tinjau Vaksinasi Covid-19 Lansia di Surabaya

Menkes Budi Gunadi dan Gubernur Jatim Khofifah meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para lansia di Surabaya.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) di Gedung Samator, Jalan Kedung Baruk Surabaya, Sabtu (27/2/2021).  

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) di Gedung Samator, Jalan Kedung Baruk Surabaya, Sabtu (27/2/2021). 

Turut mendampingi Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Sekdaprov Jawa Timur, Heru Tjahjono, Kadinkes Jawa Timur, dr Herlin Ferliana, Dirut RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi, Direktur RS Saiful Anwar Malang, dr Kohar Hari Santoso, dan Direktur RSJ Menur Surabaya, dr Mochammad Hafidin Ilham. 

Setibanya di Gedung Samator, Gubernur Khofifah bersama Menkes langsung menyapa sekaligus menanyakan kondisi para lansia yang akan dan sudah divaksin.

Selanjutnya melihat alur vaksinasi dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di dalam gedung tersebut. 

Seusai meninjau, Gubernur Jawa Timur yang akrab disapa Khofifah ini mengatakan, pada tahap kedua ini terdapat dua kelompok yang menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Di antaranya, yaitu pada pemberi pelayanan publik dan lansia. 

Baca juga: Pesan Gubernur Khofifah Soal Pentingnya Sinergitas Pembangunan di Pelantikan Kepala Daerah

“Dua kelompok ini yang menjadi sasaran kita di tahap kedua. Kalau dibanding dengan pemberi pelayanan publik yang juga berisiko, lansia ini juga berisiko karena kondisi tubuhnya yang rentan,” terang orang nomor satu di Pemprov Jawa Timur ini. 

Khofifah menjelaskan, sesuai pesan dari Menkes, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia ini harus dikawal dengan baik agar bisa mendapat vaksinasi sesegera mungkin. Karenanya, untuk mempercepat sasaran dari lansia tervaksinasi pada tahap kedua ini, maka dilakukan vaksinasi massal. Berdasarkan data dari Dinkes Jawa Timur, target yang akan dicapai sekitar 3.000 selama dua hari. 

“Jadi nanti kita akan bisa lebih mempercepat pencapaian target sasaran itu dengan dilakukannya pelayanan dengan model vaksinasi massal,” tandas Khofifah. 

Baca juga: New Honda Odyssey, Mobil yang Bisa Berhenti Sendiri Tanpa Direm Sudah Bisa Diinden di Jawa Timur

Meskipun demikian, Gubernur Khofifah menegaskan, protokol kesehatan harus benar-benar dijaga walaupun sudah divaksinasi. Ini penting, untuk mencegah terjadinya peluang penularan Covid-19 (virus Corona). 

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved