Breaking News:

Ratusan Keluarga di Bojonegoro Kesulitan Air Bersih, Politisi Gerindra Siapkan Solusi

Masalah kekeringan ternyata masih melanda sebagian Kabupaten Bojonegoro. Tepatnya di Desa Gamongan, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro. 

tribunjatim/bobbykoloway
Anggota DPRD Jatim Budiono, menggelar reses di Desa Gamongan, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro. 

Reporter: Bobby Koloway I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Masalah kekeringan ternyata masih melanda sebagian Kabupaten Bojonegoro. Tepatnya di Desa Gamongan, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro

"Sekitar 800 KK (Kepala Keluarga) dari total 1062 KK di desa ini tak bisa menikmati air bersih jika kemarau tiba," ujar Kepala Desa Gamongan, Kurlan pada acara Reses Anggota DPRD Jatim Budiono, di Desa Gamongan, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro

Saban tahun, warga harus berjalan sejauh 15 km untuk bisa mendapatkan air bersih.

"Ini melewati 9 Desa di 2 kecamatan," kata Kurlan. 

Untuk mempermudah akses, pemerintah Desa setempat telah membuat pompa hingga saluran air ke sebuah penampungan untuk bisa digunakan.

Namun, untuk kebutuhan air di Desa berpenduduk sekitar 3.500 jiwa, kurang mencukupi. Solusi lainnya, para warga rela mengantre di sumber mata air yang berada di sawah.

"Bahkan, ada yang rela sampai tidur di sawah karena malamnya mengantre di sawah," ungkapnya. 

Apalagi, untuk membuat sumur di kawasan rumah warga juga tak menunjukkan hasil.

"Mau sedalam apapun, tidak ada airnya," katanya. 

Menjawab permasalahan tersebut, Anggota DPRD Jatim Budiono memberikan solusi. Ia sepakat dengan usulan pemerintah Desa untuk menambah sumber air di tetangga kecamatan. 

Selain itu, dari sumber tersebut akan dialirkan melalui saluran baru ke sebuah tandon yang juga baru berada di desa ini.

"Sehingga tak perlu berjalan jauh. Kami usulkan rencana permintaan anggaran. Kami targetkan bisa turun tahun ini," katanya. 

Politisi Gerindra ini menjelaskan masyarakat Desa tak bisa sendiri mengatasi masalah ini. Apalagi, dengan besarnya anggaran yang dibutuhkan. 

"Kami akan sampaikan usulan ini agar bisa ditindaklanjuti waktu dekat. Ini kebutuhan mendesak dan semoga pada musim kemarau tahun ini masalah ini bisa teratasi," pungkasnya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved