Breaking News:

Tingkatan Kesejahteraan Petani, Bupati Sugiri Kawal PSN Bendungan Bendo Ponorogo

Pembangunan Bendungan Bendo di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, akan menjadi perhatian Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko.

tribunjatim/sofyan
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Meninjau Varietas Padi Unggul di Kecamatan Kauman, Ponorogo 

Reporter: Sofyan Arif Candra I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Pembangunan Bendungan Bendo di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, akan menjadi perhatian Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko.

Sugiri akan mengawal pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp 1 triliun tersebut agar bisa selesai tepat waktu pada bulan Juli 2021.

"Kami akan melakukan langkah percepatan dengan melakukan koordinasi untuk mengawalnya," kata Sugiri saat ditemui usai Sertijab Bupati Ponorogo di Gedung DPRD Ponorogo, Kamis (4/3/2021).

Bendungan Bendo diproyeksikan mampu menampung air sebanyak 43,11 juta meter kubik yang mampu digunakan untuk mengairi sawah seluas 7.800 hektar.

Bendungan Bendo juga diharapkan mampu menyediakan air baku hingga 790 liter per detik.

Adanya Bendungan tersebut dinilai selaras dengan program Sugiri untuk meningkatkan produktivitas petani Bumi Reog.

"Mayoritas pekerjaan masyarakat Ponorogo bergerak di bidang pertanian namun tingkat kesejahteraan petani masih rendah," ucap Sugiri.

Selain itu, nilai tukar petani di Ponorogo juga belum maksimal.

Untuk itulah, dalam kepemimpinannya selama 3,5 tahun kedepan Sugiri akan mereformasi sistem pertanian agar produktivitas petani Ponorogo meningkat dan ongkos produksinya turun.

Dengan naiknya nilai tukar petani, diharapkan juga akan mampu menurunkan angka kemiskinan di Ponorogo yang terbilang masih tinggi.

"Angka kemiskinan kita naik dari 9,65 persen menjadi 9,95 persen," jelasnya.

Walaupun dengan jabatan yang lebih pendek dibandingkan periodesasi sebelumnya, Sugiri optimis target tersebut bisa tercapai.

"Dengan kerja keras dan kerja cerdas kita gotong royong bergerak bersama untuk bersinergi menuju Ponorogo hebat," pungkasnya.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved