Breaking News:

Antisipasi Penyalahgunaan, Propam Polres Lumajang Periksa Senjata Api

Propam menggelar pemeriksaan senjata api (senpi) yang digenggam oleh personel Polres Lumajang, Jumat (5/4/2021).

dok/Polres Lumajang
Petugas Propam saat memeriksa senpi anggota Polres Lumajang, Jumat (5/3/2021). 

Reporter : Tony Hermawan| Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Propam menggelar pemeriksaan senjata api (senpi) yang digenggam oleh personel Polres Lumajang, Jumat (5/4/2021).

Pemeriksaan ini dilaksanakan di Lobi Polres Lumajang, dan dipimpin oleh Waka Polres Lumajang Kompol Hendry Soelistiawan.

Paursubbaghumas Bagops Polres Lumajang Ipda Shinta mengatakan bahwa jumlah senpi dinas yang dipegang oleh anggota Polres maupun Polsek sebanyak 158 pucuk. Untuk Polres sendiri sejumlah 73 pucuk.

Sementara 55 pucuk senpi yang dibawa personel Polres Lumajang telah sudah diperiksa. Sedangkan 18 pucuk senpi lain belum dicek lantaran, masih dibawa anggota melaksanakan tugas.

"Pemeriksaan senpi ini dilakukan untuk memastikan kondisi senjata api para anggota Jajaran Polres Lumajang tidak bermasalah. Juga dalam rangka mencegah adanya penyalahgunaan yang dilakukan oleh anggota." ujar Shinta

Lebih lanjut, Shinta mengatakan, pihaknya selalu rutin melakukan pemeriksaan senpi. Itu dilakukan sebagai wujud pengawasan kondisi fisik senpi.

Baca juga: Tekor Pemuda Pembunuh Gadis Bandung di Hotel Lotus, Tak Bisa Bayar Rp700 Ribu, dari Rumah Bawa Pisau

Baca juga: Kopi Boyolali Tembus Jerman, Ketua DPD RI Harap Daerah Lain Ikuti Jejaknya

Baca juga: Ternyata, Pacar Korban ini Berperan Sebagai Mucikari M, Gadis Bandung Tewas di Hotel Lotus Kediri

"Kondisi senpi anggota harus selalu dipastikan tidak bermasalah, sehingga pemeriksaan selalu rutin sebulan sekali dilakukan sesuai aturan," ujar Shinta kepada TribunJatim.com.

Demikian halnya dengan kelengkapan administrasi dari senpi anggota, kata Shinta, juga selalu dilakukan pemeriksaan. Termasuk dilakukanya evaluasi terhadap kondisi, perilaku, dan kejiwaan para pemegang senpi tersebut.

"Dan dari hasil pemeriksaan surat izin dan kondisi senjata api yang dibawa oleh semua anggota Polres Lumajang dalam keadaan lengkap dan layak untuk digunakan. Kondisi demikian harus dipertahankan dan ditingkatkan," imbuhnya.

Sementara itu, terkait pemeriksaan senpi di jajaran polsek, pihaknya akan dilaksanakan pada jadwal berikutnya.

"Untuk senpi di jajaran polsek akan dilaksanakan dengan jadwal yang berbeda mengingat saat ini masih pandemi Covid-19. Ini dimaksudkan agar kami bisa menerapkan protokol kesehatan tidak mengadakan kerumunan," pungkas Shinta kepada TribunJatim.com.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved