Breaking News:

Dapat Predikat Terbaik se-Indonesia, Porang dari Lereng Gunung Pandan Ampuh Untuk Diet

Para Petani Porang Madiun yang tergabung dalam Anggota Petani Porang Lereng Gunung Pandan merasa bangga dan bersyukur terkait Madiun resmi diberi

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Anggota Petani Porang Lereng Gunung Pandan yang sekaligus sebagai Ketua dari Grup Petani Porang Seputar Madiun di salah satu Media Sosial, Yono Rahmat saat tengah bekerja. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Para Petani Porang Madiun yang tergabung dalam Anggota Petani Porang Lereng Gunung Pandan merasa bangga dan bersyukur terkait Madiun resmi diberi predikat penghasil Porang Terbaik di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Satu diantara Anggota Petani Porang Lereng Gunung Pandan yang sekaligus sebagai Ketua dari Grup Petani Porang Seputar Madiun di salah satu Media Sosial, Yono Rahmat.

"Saya bangga akhirnya semua orang bisa tau bahwa Porang Madiun, khususnya hasil tanam di Kawasan Lereng Gunung Pandan memanglah paling unggul di Indonesia, bahka juga dunia," ujar Yono kepada TribunJatim.com, Senin (8/3/21).

Yono menjelaskan, porang hasil tanam di Lereng Gunung Pandan punya banyak keunggulan.

Baca juga: Porang Madiun Diakui Terbaik se-Indonesia,  Petani Porang Lereng Gunung Pandan Bangga

"Bahkan, keunggulannya tidak dimiliki oleh porang manapun di dunia," jelasnya.

Keunggulan utama yang dimiliki Porang hasil dari pertanian di Lereng Gunung Pandan adalah terkait bisa dikonsumsi untuk orang yang pingin diet.

Ia mencontohkan, dengan cukup makan tiga buah Porang hasil dari pertanian di Lereng Gunung Pandan maka suda bisa menghasilkan tenaga untuk menemani aktivitas sehari-hari.

"Jadi sudah tidak perlu lagi makan nasi 3x, cukup makan 3 buah porang kami, maka tenaga yang dihasilkan bisa buat menemani aktivitas kerja seharian," terangnya.

Sementara itu, anggota Petani Porang Lereng Gunung Pandan lainnya, yakni Sugiyo mengatakan Porang Madiun,  khususnya porang hasil tanam petani di Lereng Gunung Pandan dinyatakan paling unggul se-Indonesia karena berkat sistem tanam yang baik.

"Bibit yang kami pakai ini ya hasil dari sini, dengan kata lain tidak ada sama sekali hal-hal kimiawi sedikitpun yang kami pakai saat menanam dan hal ini juga didukung dari tanah kita pakai untuk tanam adalah tanah yang subur sekali," terangnya.

Berkaca dari hal itu pulalah, tambah Sugiyo, ketahanan Porang yang dihasilkan oleh wilayahnya juga lebih lama dibandingkan porang-porang lainnya.

"Saat disimpan dikarung, porang kami ini lebih tahan lama jika dibanding dengan porang lainnya, hal ini karena kami menggunakan sistem tanam yang baik sehingga porang kami punya kulit yang sangat tebal," kata Sugiyo.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved