Breaking News:

Deteksi Dini Untuk Minimalisir Penyakit Ginjal

Hari Ginjal Sedunia tiap tahunnya diperingati sebagai kesempatan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal

TribunJatim.com/ Sulvi Sofiana
Proses penanganan kesehatan ginjal di RS Darmo 

Reporter: Sulvi Sofiana | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Hari Ginjal Sedunia tiap tahunnya diperingati sebagai kesempatan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal.

Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Darmo, dr Pranawa SpPD KGH mengungkapkan sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum tahu dan paham tentang penyakit ginjal dan langkah apa saja yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan pada ginjal.

"Penyakit ginjal itu cukup banyak, karena strukturnya rumit. Selain itu banyak penyakit lain yang juga mengganggu ginjal hingga kerusakan ginjal,"urai pria yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Korwil Jawa Timur.

Baca juga: Angin Kencang Terjang Blitar, Pohon dan Tiang Listrik Tumbang

 Kerusakan ini, dikatakan dr Pranawa dibagi menjadi dua, yaitu gangguan ginjal akut dan penyakit ginjal kronik (PGK).

"Gangguan ginjal akut ini masih dapat kembali sehat jika ditangani dengan tepat. Sementara penyakit ginjal kronik adalah kondisi dimana terjadi kerusakan struktur maupun fungsi ginjal," jelasnya.

Selain itu, penderita gangguan ginjal akut, memiliki resiko besar menderita gangguan ginjal kronik jika tidak segera ditangani.

Sementara itu, kondisi penyakit ginjal kronik terdiri dari 5 stadium. Dimana pasien dengan gangguan ginjal kronik masih bisa beraktivitas dengan baik dengan syarat rutin melakukan kontrol.

"Jika sudah di tahap 5 maka membutuhkan cuci darah, pemasangan selaput perut atau cangkok ," terangnya.

Dan jika sudah pada stadium lima, maka pengobatan yang dibutuhkan seperti cuci darah menghabiskan banyak biaya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved