Breaking News:

BPCB Jatim Temukan Kerangka Manusia Saat Ekskavasi di Situs Kumitir Kabupaten Mojokerto 

Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan kerangka manusia di sektor B dalam ekskavasi Situs Kumitir di Dusun Bendo.

surya/doni
Ekskavasi Situs Kumitir disektor B, di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. 

Reporter: Mohammad Romadoni I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan kerangka manusia di sektor B dalam ekskavasi Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Arekolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan pertama kali kerangka manusia terlihat bagian tungkai paha yang di atasnya terdapat batu-batu, pada Rabu, 3 Maret 2021.

Pihaknya menghubungi ahli antropologi forensik Universitas Airlangga guna menindaklanjuti penemuan kerangka manusia di situs Kumitir pada, Selasa (9/3/2021). 

"Kami bersama ahli antropologi forensik Universitas Airlangga mengidentifikasi terkait penemuan kerangka manusia termasuk membuka batu-batu itu di lokasi ekskavasi Situs Kumitir," ungkapnya, Jumat (12/3/2021).

Menurut dia, pihaknya juga menemukan tulang kerangka manusia dalam bentuk serpihan yang diduga di dalamnya ada beberapa individu. 

BPCB Jatim juga konsultasi dengan ahli antropologi forensik Universitas Airlangga untuk mengetahui kerangka manusia ini merupakan kerangka baru sekitar tahun 1960_1980 atau lebih lama dari tahun tersebut.

"Masih dilakukan analisis termasuk juga kerangka manusia ini kalau lebih lama dari tahun itu pastinya kapan sehingga kita bisa menjelaskan konteksnya dalam penemuan struktur bata di Situs Kumitir," jelasnya.

Wicaksono mengungkapkan ketika membuka batu-batu yang menutup kerangka manusia itu dalam posisi tengkurap dengan kepala condong menghadap ke arah barat. Kemudian, kedua tangan terlipat ke samping dan pinggul menghadap ke bawah. 

Hal ini berbeda dengan makam Islam di karangka manusia dalam posisi rebah atau terlentang, kedua tangan melipat pada bagian dada dan menghadap ke barat. 

Halaman
123
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved