Breaking News:

Jelang Pilkades Trenggalek, Polisi Siapkan Ratusan Personil untuk Pengamanan

Kabupaten Trenggalek akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 15 desa yang tersebar di 7 kecamatan pada April 2021.

TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring, Minggu (27/12/2020). 

Penulis : Aflahul Abidin | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Kabupaten Trenggalek akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 15 desa yang tersebar di 7 kecamatan pada April 2021.

Untuk itu, Polres Trenggalek telah menyiapkan ratusan personil untuk pengamanan. Personil yang disiapkan meliputi 625 anggota polres dan 1 Satuan Setingkat Kompi Bawah Kendali Operasi (SSK BKO) Brimob.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, banyaknya personil yang disiapkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat ketika Pilkades berlangsung.

Selain itu, para personil juga punya tugas khusus untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes). Maklum, pelaksanaan Pilkades di Trenggalek berlangsung saat pandemi Covid-19 masih melanda.

“Selain itu, untuk mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dan pelaksanaan Pilkades yang demokratis, kami juga menyiapkan tim khusus anti judi dan money politic,” kata Doni, Jumat (12/3/2021).

Tim serupa juga dibentuk ketika gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Trenggalek yang digelar akhir tahun lalu.

Ia mengatakan, polisi telah merencanakan strategi pola pengamanan saat pelaksanaan Pilkades. Tempat Pemungutan Suara (PTS) yang masuk kategori aman akan dijaga oleh dua polisi.

Baca juga: Tiga Menteri Negara Bersama Gubernur Khofifah Lepas Ekspor Pertanian Jatim Senilai Rp 140 Miliar

Baca juga: Pelaku Pembacokan Ditangkap, Motifnya Asmara

Baca juga: Diduga Terpeleset Saat Mancing, Pria di Blitar Ditemukan Tewas Hanyut di Sungai Lahar

Sementara TPS yang masuk kategori rawan bakal diamankan oleh 3 polisi dan 4 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Doni berpesan agar masyarakat mengikuti proses demokrasi di tingkat desa itu dengan baik. Pesan tersebut utamanya disampaikan untuk warga di 15 desa yang menggelar Pilkades.

“Mari bersama-sama menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Pilihan boleh berbeda, tetapi persatuan, persaudaraan, dan kerukunan harus tetap kita jaga,” tutur dia kepada TribunJatim.com.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved