Breaking News:

Masyarakat Lanjut Usia Kota Kediri Mulai Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 dosis pertama di Kota Kediri berlanjut untuk masyarakat yang masuk katagori telah lanjut usia (lansia).

(Surya/Didik Mashudi)
Seorang warga Kota Kediri mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

Reporter : Didik mashudi | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI -Vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 dosis pertama di Kota Kediri berlanjut untuk masyarakat yang masuk katagori telah lanjut usia (lansia).

Alfan Sugiyanto, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Kediri menjelaskan, penyuntikan vaksin Covid-19 difokuskan vaksinasi untuk para tokoh agama serta untuk para lansia di Kota Kediri.

Saat pencanangan vaksinasi untuk lansia diwakilkan oleh 10 lansia sebagai penanda dimulainya penyuntikan vaksin Covid-19 untuk lansia berusia di atas 60 tahun.

“Harapan kami ke-10 lansia ini dapat menjadi penyemangat dan mengedukasi lansia yang lain bahwa vaksin ini aman dan halal," ungkap Alfan kepada TribunJatim.com, Kamis (11/3/2021).

Selanjutnya penyuntikan vaksin Covid-19 untuk seluruh lansia akan dilanjutkan di sejumlah puskesmas.

Baca juga: Masih Pakai Kepala Singa Peugeot Rilis Logo Baru

Baca juga: Gus Baha Membedah Tentang Isra Miraj

Baca juga: Banjir Melanda Kota Pasuruan, Turunkan Mobil Pemadam Bersihkan Lumpur

Menurut Alfan, ada total 900 lansia pada putaran pertama di Kota Kediri yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Sedangkan untuk vaksinator yang melaksanakan vaksinasi terdiri dari petugas Puskesmas Baluwerti dan Puskesmas Kota Wilayah Utara.
Alfan menambahkan, bagi yang berusia lanjut, jarak antara penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua lebih lama daripada yang berusia di bawah 60 tahun.

“Nanti untuk dosis ke-2 bagi lansia menunggu selama minimal 28 hari sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan," jelasnya.
Hal ini berdasarkan beberapa pertimbangan, termasuk proses pembentukan antibodi pada lansia membutuhkan waktu yang relatif lebih lama daripada yang berusia di bawah 60 tahun.

Sementara Usman Arif, salah satu tokoh agama yang juga seorang lansia mengungkapkan setelah mendapatkan vaksin merasa baik-baik saja.

“Saya sangat senang dan bersyukur setelah melakukan vaksin Covid-19 ini, saya berharap teman-teman yang lain tidak perlu merasa takut dan khawatir, karena ini aman dan halal,” ungkapnya kepada TribunJatim.com.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri sebelumnya telah menyasar pada pekerja publik seperti guru, tenaga pendidik dan pedagang dan
pegawai pasar di Kota Kediri.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved