Breaking News:

Medical Check Up, Apakah Perlu? Yuk Ketahui Kapan Waktu yang Tepat dan Jenis Pemeriksaannya

Penting kah melakukan medical check up? Berikut rangkumannya menurut Asosiasi Kesehatan Amerika Serikat.

Editor: Hefty Suud
Freepik by freepik
ILUSTRASI - medical check up. 

TRIBUNJATIM.COM - Telah banyak diketahui bahwa kesehatan itu cukup mahal harganya.

Terlebih bila individu telah mempunyai riwayat penyakit kronis yang membutuhkan perawatan intensif dan juga obat rutin yang harus dikonsumsi dalam jangka yang cukup lama.

Untuk itu, terdapat layanan medical check up atau cek kesehatan yang mana dilakukan sebelum sakit kronis menyerang kondisi tubuh (Baca juga Kegunaan Medical Check Up Rutin untuk Kesehatan).

Medical check up sendiri merupakan bentuk cek kesehatan yang secara rutin dilakukan guna menemukan adanya potensi masalah dan kekurangan yang menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh.

Bila potensi penyakit dapat cepat ditemukan, maka perawatan dapat dilakukan sedini mungkin, sehingga dapat mencegah dampak dari penyakit tersebut semakin berkembang dan mengancam kesehatan tubuh.

Waktu Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan atau medical check up dapat dilakukan semenjak usia 18 tahun, di mana pemeriksaan dapat dilakukan secara rutin minimal setahun sekali.

Bila terdapat penyakit tertentu maka dapat juga dilakukan pemberian obat rutin yang disesuaikan dengan kondisi dari pasien.

Namun, menurut Asosiasi Kesehatan Amerika Serikat, pemeriksaan kesehatan dilakukan mengacu pada berbagai hal.

Di mana pada orang yang berusia di bawah 40 tahun pemeriksaan kesehatan dianjurkan untuk dilakukan setiap 5 tahun sekali, setelah itu dapat dilakukan 1 atau 3 tahun sekali.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved