Breaking News:

Mengamankan Pasokan Vaksin Covid-19, Program Vaksinasi di Indonesia Mendapat Pujian dari WHO

Indonesia memiliki vaksin yang makin bervariasi Itu setelah vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca Inggris telah datang ke Indonesia, Senin (8/3/2021).

Freepik by freepik
ILUSTRASI - Vaksinasi Covid-19. 

Penulis : Yoni Iskandar | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA – Indonesia memiliki vaksin yang makin bervariasi Itu setelah vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca Inggris telah datang ke Indonesia, Senin (8/3/2021).

Setelah tiba, sebanyak 1,1 juta dosis vaksin dalam bentuk jadi, dibawa ke Bandung untuk disimpan di PT Bio Farma, Bandung. Vaksin tersebut merupakan tahap pertama dosis dari 11.704.800 juta dosis vaksin.

Pengirimannya dilakukan secara bertahap dan diperkirakan akan selesai pada Mei 2021. Selain itu, vaksin tersebut sudah mendapat ijin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang dikeluarkan sehari sesudah kedatangan vaksin.

Menanggapi hal itu, pengamat imunisasi Dokter Elizabeth Jane Soepardi menyambut gembira. Ia mengatakan bahwa Indonesia mendapat prioritas pertama di antara negara-negara di Asia Tenggara yang mendapat vaksin tersebut.

“Untuk itu WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) memberikan apresiasi yang tinggi kepada Indonesia,” katanya.

Menurut anggota Persatuan Ahli Epidemologi Indonesia, WHO tak perlu kerja keras. Sebab pemerintah sangat pro aktif. Presiden Joko Widodo meminta semua menteri bekerja keras mendapatkan vaksin dari beragam produsen dan kelembagaan.

“Tak cuma Menteri Kesehatan, tetapi juga menteri-menteri yang lain seperti Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan,” jelas Jane.

Indonesia pantas bersyukur, karena fasilitas COVAX melalui WHO dan UNICEF (Organisasi PBB yang mengurusi anak-anak dan pendidikan) biasanya diprioritaskan untuk negara-negara miskin, seperti negara-negara Afrika. Sepengetahuannya, baru Afrika Selatan yang sudah mendapatkannya. Sebagian akan mendapatkannya pada Semester II tahun ini.

Baca juga: Lansia di Ponorogo Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19, Bupati Sugiri Jamin Tak Ada Penolakan Vaksin

Baca juga: Mahir Tutupi Masalah Rumah Tangga ke Publik, Dude Harlino Tahan Malu Soal Alyssa: Penting Dia Happy

Baca juga: Foto Ririe Fairus Usai Sidang Cerai Disorot, Diam Saja Suami Ditikung Nissa Sabyan: Bahagia Selalu

“Nah Indonesia sudah dapat lebih dahulu sejak Januari lalu,” katanya.

Halaman
1234
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved