Breaking News:

DPRD Kota Malang Sarankan Penambahan Rute Baru Sebelum Bus Macyto Turun ke Jalan

Bus Malang City Tour (Macyto) yang rencananya bakal beroperasi lagi di Kota Malang di tahun 2021 ini mendapatkan perhatian serius dari DPRD Kota

TribunJatim.com/ Rifky Edgar
Bus Malang City Tour atau Macito 

Reporter: Rifky Edgar | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Bus Malang City Tour (Macyto) yang rencananya bakal beroperasi lagi di Kota Malang di tahun 2021 ini mendapatkan perhatian serius dari DPRD Kota Malang.

Mereka menyambut baik, dengan rencana kembalinya bus Macyto, namun juga memberikan sejumlah saran sebelum bus Macyto mengaspal lagi di jalanan Kota Malang.

Anggota Komisi C DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman meminta kepada Pemerintah Kota Malang agar membuat inovasi ketika bus Macyto kembali turun ke jalan.

Salah satunya ialah menambah rute baru, dengan menyasar kepada kampung tematik yang ada di Kota Malang. Dan menyasar ke sejumlah daerah yang menjadi sentra UMKM di Kota Malang.

Baca juga: Banjir Luapan Kali Lamong Rendam 11 Desa di Gresik

"Selama ini kan Macyto rutenya berkaitan dengan heritage. Kalau bisa ditambah lagi. Karena banyak sekali ikon di Kota Malang, seperti kampung tematik dan daerah yang menjadi tempat UMKM berjualan," ucapnya, Sabtu (13/3).

Selain bus Macyto di re-design ulang dengan tampilan baru, dengan adanya rute baru tersebut diharapkan dapat menghidupkan lagi perekonomian di Kota Malang saat pandemi Covid-19.

Seperti menambah rute dengan melewati kampung warna-warni Jodipan dan kampung Biru. Serta diakhir perjalanan mengajak penumpang berhenti di kampung Sanan atau pasar yang khusus menjual produk UMKM.

"Dengan tampilan baru dan menambahkan rute membuat wisatawan dari luar kota semakin menikmati kunjungannya ke Kota Malang. Ini yang saya kira perlu dilakukan. Karena bus Macyto ini sudah menjadi sebuah ikon dari Kota Malang," ucap politisi PKS ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, sudah dua tahun ini Bus Macyto dilarang beroperasi di Kota Malang karena tidak sesuai dengan standar keselamatan dari Kementerian Perhubungan.

Pemkot Malang kini sedang melakukan kajian, dengan mendesain ulang Bus Macyto agar segera beroperasi kembali di tahun 2021 ini.

"Harapan kami lebih cepat lebih baik prosesnya. Karena seusai dengan hasil dengar pendapat dulu, rencananya akan ada empat unit Bus Macyto. Dua merupakan bus lama yang di desain ulang. Dan dua lagi bus baru. Tapi kami akan menunggu prosesnya nanti seperti apa," tandasnya.

Penulis: Rifki Edgar
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved