Breaking News:

Gelar Ujian Bela Diri, 20 Teknik Wajib Dikuasai Anggota Polres Sampang untuk Menjalankan Tugas 

Kemampuan bela diri memang harus dimiliki setiap anggota kepolisian sebagai menjaga diri dari serangan orang lain saat bertugas di lapangan.

Tribunmadura/Hanggara
Anggota Polres Sampang saat mengikuti ujian bela diri Polri Semester I Tahun 2021 di Mapolres Sampang, Madura, Rabu (17/3/2021). 

Reporter: Hanggara Pratama I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Kemampuan bela diri memang harus dimiliki setiap anggota kepolisian sebagai menjaga diri dari serangan orang lain saat bertugas di lapangan.

Kemampuan tersebut saat ini tengah ditingkatkan oleh anggota Polres Sampang dengan menggelar ujian bela diri Polri Semester I Tahun 2021, Rabu (17/3/2021).

Bertempat di halaman Mapolres Sampang, ujian bela diri itu merupakan program kerja tahunan Bagsumda Polres Sampang yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Kemudian wajib diikuti seluruh anggota, mulai pangkat Bhayangkara Dua (Bharada) sampai pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) di lingkungan Polres Sampang.

Ps. Paurlat Polres Sampang, Aiptu Moh. Jailani mengatakan bahwa dalam ujian kali ini seluruh peserta akan dinilai 20 teknik bela diri Polri.

"Meliputi teknik dasar, teknik beladiri tanpa alat dan teknik bela diri dengan membawa alat dengan total 50 gerakan bela diri Polri," ujarnya.

Menurutnya terknik itu dilakukan untuk mempertahankan diri dari serangan orang dengan menguasai teknik-teknik menghindar, menangkis.

Termasuk menyerang balik, baik dengan tangan kosong maupun dengan alat untuk melumpuhkan lawan.

"Tentunya fungsinya guna melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta menegakkan hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia," tegas Aiptu Moh. Jailani.

Sementara, Kabagsumda Polres Sampang Kompol, Siti Maryatun menyampaikan jika tujuan adanya ujian bela diri itu juga dapat memperkuat imun tubuh dan ketahanan fisik anggota di dalam Pandemi Covid-19.

"Sebagai insan Polri tentunya harus terlatih, handal dan selalu siap menghadapi segala gangguan dalam melaksanakan tugas," pungkasnya.

Penulis: Hanggara Syahputra
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved