Sepatu Sura dan Baya Mahasiswa Ubaya Juara 1 Kompetisi #Indonesia Melangkah, Didesain Cuma Sehari

Arby Maulanaa, mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Uninersitas Surabaya bikin desain sepatu Sura dan Baya. Jadi juara 1 Kompetisi #Indonesia Melangkah

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Hefty Suud
SURYA/SULVI SOFIANA
Arby Maulanaa, mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Ubaya saat menunjukkan desain sepatu Suro dan Boyo untuk sepatu yang menjuarai Custom Shoes Competition #Indonesia Melangkah di kampus Ubaya. 

Reporter: Sulvi Sofiana | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) membuat desain sepatu Sura dan Baya.

Desain sepatu memakai ikon Kota Surabaya itu, membawa Arby Maulanaa, mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Ubaya ini meraih juara I Custom Shoes Competition #Indonesia Melangkah. 

Dirinya menyisihkan 40 peserta dari mahasiswa dan umum se-Indonesia dengan desain sepatu dibuatnya dalam waktu sehari.

Baca juga: 75 Positif Selama Pandemi Covid-19, Perawat Ponorogo Minta Kesejahteraannya Terus Diperhatikan

Baca juga: Akhirnya Teddy Nyerah Lawan Rizky & Sule soal Harta Lina? Mediator Kuak Janji Ayah Bintang: Luput

“Saya terinspirasi dari kota tempat saya tinggal saat ini yaitu Kota Surabaya. Bagi saya karakter hiu (Sura) dan buaya (Baya) memiliki tekstur detail yang bagus jika digambar dan ikon ini sangat mencerminkan identitas kota Surabaya, meskipun banyak desain lain,” jelas mahasiswa semester akhir ini.

Mahasiswa yang kerab disapa Arby ini menjelaskan konsep ide sepatu Sura dan Baya berawal dari keinginannya untuk mengangkat budaya Indonesia. 

Menurutnya, hal tersebut juga sesuai dengan tema yang diusung dalam #IndonesiaMelangkah. 

Custom Shoes Competition #IndonesiaMelangkah merupakan kompetisi desain sepatu berskala nasional yang digelar oleh Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) bersama Sport Market Fest. 

Baca juga: Wajibkah Lapor SPT Tahunan Jika Penghasilan di Bawah PTKP? Ini Kata Ditjen Pajak dan Cara Menghitung

Baca juga: Nasib Pilu Siswi SMA di Sumenep Jadi Korban Nafsu Sang Guru, Tangisan Korban Jadi Petunjuk

Dikatakan Arby, Custom Shoes Competition #IndonesiaMelangkah memiliki tiga poin penting yang menjadi tema tahun ini yaitu kebersamaan, kecintaan dan komitmen. 

"Tema ini mengusung semangat kebersamaan, kecintaan, dan komitmen kepada Indonesia. Bangkit dan bersatu untuk terus melangkah,"urai pria yang pernah menjabat sebagai BEM FIK Ubaya ini.

Arby mengungkapkan rasa senang dan bangga karena dirinya berhasil menuangkan ide sekaligus mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dari FIK Ubaya untuk berkompetisi ke ranah luar kampus. 

"Semoga desain sepatu karakter Sura dan Baya ini menunjukkan ciri khas desain saya yang mengangkat unsur nusantara sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas,"ungkap mahasiswa yang tergabung dalam tim Pahi.id sebagai illustrator dan designer ini.

Selain itu, melalui desain sepatu ini Arby menginginkan setiap orang yang melihat karyanya dapat tertarik, termotivasi membuat lebih baik dan mengenal karakter Sura dan Baya sebagai ikon Kota Surabaya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved