Breaking News:

Hari Jadi ke-152, Pelestari Bangunan Cagar Budaya Bersihkan Jembatan Lama Kota Kediri

Bersamaan ulang tahun ke 152, puluhan pegiat dan pelestarian bangunan cagar budaya antusias membersihkan Jembatan Lama Kota Kediri, Kamis (18/3/2021).

surya/didik
Petugas PMK Kota Kediri menyemprotkan air di aspal Jembatan Lama yang berulang tahun ke 152, Kamis (18/3/2021). 

Reporter: Didik Mashudi I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Bertepatan dengan hari jadi ke 152, puluhan pegiat dan pelestarian bangunan cagar budaya antusias membersihkan Jembatan Lama Kota Kediri, Kamis (18/3/2021). 

Pembersihan dilakukan secara manual dengan peralatan sapu dan sikat serta diakhiri dengan penyemprotan air dari mobil tangki PMK Kota Kediri. 

Para peserta bersih-bersih ini merupakan elemen dari Gerakan Merawat Cagar Budaya. Mereka terdiri dari individu dan kelompok yang selama ini berkomitmen melestarikan bangunan sejarah dan kelestarian lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih di Jembatan Lama juga ditandai dengan selamatan nasi tumpeng dan 152 nasi takir yang dihadiri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Jembatan Lama merupakan Groote Postweg atau Jalan Raya era pemerintahan Kolonial Belanda yang mulai dioperasikan pada  18 Maret 1869.

Namun sejak  sejak 18 Maret 2019 fungsi Jembatan Lama sebagai jalan penghubung perekonomian di Kota Kediri telah digantikan oleh Jembatan Brawijaya.

Baca juga: Jelang Ulang Tahun ke 152, Kondisi Jembatan Lama Kediri Sangat Memprihatikan, Begini Gambarannya

Malahan sejak awal pandemi Covid-19, Jembatan Lama ditutup untuk aktivitas lalulintas.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, pemerintah akan merawat dan menjaga serta mengalokasi anggaran perawatannya telah disiapkan.

"Kadang-kadang di bawah jembatan ada rumpun bambu yang tersangkut. Nanti dari Dinas PUPR bekerja sama dengan Kodim 0809 akan membersihkan dan merawat jembatan," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved