Breaking News:

BPBD Pamekasan Akan Lakukan Penghijauan di Area Bibir Tebing yang Longsor di Rumah Nenek Ramtani

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, akan melakukan upaya penanaman pohon di area bibir tanah tebing yang longsor di Desa

TribunJatim.com/ Kuswanto Ferdian
Lokasi longsor di Palengaan, Pamekasan, Madura 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, akan melakukan upaya penanaman pohon di area bibir tanah tebing yang longsor di Desa Banyupelle, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Penanaman itu dilakukan sebagai upaya penghijauan dan menguatkan tanah agar tidak mudah tergerus air hujan.

Supervisor Pusdal Ops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono mengaku menerima laporan adanya tebing tanah yang longsor itu dari pegawai Kecamatan Palengaan pada Selasa (16/3/2021).

Menurut dia, saat tebing tanah itu mulai longsor, sebuah rumah yang ada di bawahnya terdampak reruntuhan material tanah.

Baca juga: Viral Jembatan Seharga Rp 200 Juta di Gresik, Kades Buka Suara: Ditambah Paku Bumi

Sehingga, sebagian lumpur yang tergerus ke bawah, masuk ke rumah Nenek Ramtani.

"Ketika mau membersihkan lumpur, bagian bilik rumah milik nenek itu dibuka, karena lumpurnya masuk ke dalam rumahnya," kata Budi Cahyono kepada TribunMadura.com, Jumat (19/3/2021).

Pria berkumis itu juga mengaku langsung mengerahkan personelnya ke lokasi longsor untuk membantu keluarga terdampak yang membersihkan rumahnya.

Berdasarkan pengamatan Budi, kontur tanah di wilayah tersebut tidak ada penguatnya, sehingga sangat rawan terjadi longsor.

Saran dia, perlu dilakukan upaya penghijauan, agar kontur tanah di wilayah itu semakin kuat dan tidak mudah tergerus air hujan.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved