Breaking News:

Istana Bhre Wengker Jadi Petunjuk Pencarian Istana Hayam Wuruk Kerajaan Majapahit

Tim Arkeolog BPCB Jatim telah menemukan struktur bangunan diduga dari Istana Bhre Wengker saat ekskavasi tahap tiga di Situs Kumitir, di Dusun Bendo,

TribunJatim.com/ M Romadoni
Penemuan lokasi diduga bekas Istana Bhre Wengker 

Reporter : Mohammad Romadoni | Redaktur Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM, MOJOKERTO - Tim Arkeolog BPCB Jatim telah menemukan struktur bangunan diduga dari Istana Bhre Wengker saat ekskavasi tahap tiga di Situs Kumitir, di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Ekskavasi Situs Kumitir dimulai pada 2019 tersebut telah banyak menemukan data yang memperkuat hipotesa bahwasanya ada bangunan utama Puri atau Istana kecil dan Pendharmaan Mahesa Cempaka.

Adapun, total luas seluruh Situs Kumitir ini mencapai enam hektare dan dinding keliling berbentuk persegi serta ada bangunan utama yang menjorok ke sisi timur bagian dalam disektor A, B dan C.

Bangunan utama di Situs Kumitir menghadap ke barat yang diperkuat dengan ditemukannya kontruksi bangunan menyerupai gerbang.

Bangunan di Situs Kumitir dipakai sebagai tempat Pendharmaan Mahesa Cempaka setelah 12 wafat dan masih digunakan dimasa Kerajaan Majapahit.

Arekolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan perjalanan ekskavasi Situs Kumitir dimulai pada 2019, di mana hipotesis awal Situs Kumitir disebutkan dalam Negarakertagama dan Pararaton dan Wargasari sebagai tempat Pendharmaan Mahesa Cempaka.

Baca juga: Akhirnya Ditemukan Istana Bhre Wengker Diduga Bagian Kota Raja Kerajaan Majapahit

Baca juga: Sudah Jadi Pria Tulen dan Ganti Nama, Aprilio Manganang Masih Alami 1 Hambatan, Dokter Kuak Kondisi

Baca juga: Sepi Tamu Imbas Corona, Cynthiara Alona Ubah Hotelnya Jadi Sarang Prostitusi Remaja Umur Belasan

Kemudian, muncul hipotesis pada tahun 2020 dari dugaan adanya bentangan dinding keliling (Talud) atau benteng di Situs Kumitir seluas kurang lebih enam hektare.

"Kita mencoba mencari bukti dan ternyata benar kita menemukan benteng keliling seluas enam hektare atau tepatnya panjang 316 meter dan lebar 203 meter," terangnya kepada TribunJatim.com.

Wicaksono menyebutkan dalam hipotesa yang dimungkinkan bagian dari barat pemakaman umum Dusun Bendo, Desa Kumitir merupakan struktur bangunan utama dan ternyata benar.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved