Breaking News:

Ancaman Pengangguran Nyaris Tembus 19 Ribu Orang di Kabupaten Sumenep, Dampak Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi perekonomian di Kabupaten Sumenep, Madura. Kalau tidak segera diatasi, ancaman tambahan tingkat

Ilustrasi Tenaga Kerja 

Reporter : Ali Hafidz Syahbana | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi perekonomian di Kabupaten Sumenep, Madura. Kalau tidak segera diatasi, ancaman tambahan tingkat pengangguran terbuka (TPT) ada di depan mata.

Data yang tercatat di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumenep, tingkat pengangguran mencapai 18.952 atau atau 2,84 persen dari total angkatan kerja (AK) sebanyak 666.441 orang.

Kepala BPS Kabupaten Sumenep, Syaiful Rahman mengatakan, tingkat pengangguran dalam setiap tahun memang cenderung sangat meningkat. Dan diambah situasi saat ini pandemi Covid-19 sedang berlangsung.

"Data itu sesuai hasil survey BPS secara sample pada tahun 2020, dan data untuk tahun 2021 ini masih belum," ujar Syaiful Rahman, Sabtu (20/3/2021).

Baca juga: Viral Jembatan Seharga Rp 200 Juta di Gresik, Kades Buka Suara: Ditambah Paku Bumi

Pihaknya membeberkan, angka pengangguran di tahun 2019 lalu katanya, mencapai 14.187 orang dan pada tahun 2020 meningkat jadi sekitar 4 ribu lebih.

Sedangkan di tahun 2019 itu mengalami kenaikan sekitar 3 ribu lebih dibandingkan tahun 2018 yang lalu.

"Kalau di tahun 2018 lalu aangka pengangguran mencapai kurang lebih 11 ribu orang," tuturnya.

Apakah ada dampak ditengah pandemi Covid-19 ini, Syaiful Rahman membenarkan jika salah satu faktor meningkatnya angka pengangguran kata dia karena efek dari pandemi Covid-19 yang mengakibatkan sektor usaha melemah dan ikut andil terhadap tingginya pengangguran.

Hanya saja soal pemutusan kerja di Kabupaten Sumenep ini katanya, tidak seperti di Kabupaten/Kota lain. Kenapa demikian, pihaknya menyebutkan karena di kota keris ini tidak ada perusahaan yang berskala besar.

Halaman
12
Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved