Breaking News:

Seorang Ibu Melahirkan di Teras Puskesmas Pesanggrahan Kabupaten Mojokerto

Seorang ibu melahirkan di teras Puskesmas Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Surya/Mohammad Romadoni
Suasana di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. 

Reporter : Mohammad Romadoni | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Seorang ibu melahirkan di teras Puskesmas Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Kejadian wanita melahirkan darurat di teras puskesmas pada Senin (22/03/2021) sekitar pukul 05.00 WIB, tersebut sempat viral usai foto yang bersangkutan diunggah oleh netizen melalui akun Facebook Cahyo Adi Dotot di grup Facebook Mojokerto.

Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Mojokerto, dr.Sujatmiko membenarkan adanya kejadian seorang ibu melahirkan darurat di teras puskesmas Desa Pesanggarahan. Dalam proses melahirkan yang bersangkutan dibantu oleh bidan setempat di lokasi kejadian.

"Saya akan memberikan penghargaan kepada bidan yang bersangkutan lantaran ini bersifat pemberani sampai dijemput seperti itu dan murni karena adanya miss di masyarakat karena mungkin panik," ucap Sudjatmiko kepada TribunJatim.com, Senin (22/03).

Sudjatmiko menjelaskan proses melahirkan terpaksa di lakukan di teras Puskesmas Pesanggarahan karena dalam kondisi darurat. Apalagi, pihak keluarga dan suami bersangkutan tidak mengetahui bahwasanya Puskesmas Pesanggrahan tidak buka 24 jam.

"Ibu yang bersangkutan itu memang diantar suaminya namun puskesmas tutup karena Puskesmas Pesanggarahan bukan rawat inap sehingga ini hanya miss di masyarakat," terangnya.

Baca juga: Ribuan Massa HMI asal Sulawesi Tiba Di Surabaya, Polisi Siapkan Pengamanan dan Akomodasi

Baca juga: Gus Baha Pernah Merasakan Diejek, Dibully : Perih Sungguh

Baca juga: LaNyalla, Ketua DPD RI : Pengelolaan Dana Desa Harus Transparan

Menurut dia, kronologi ibu melahirkan di teras puskesmas berawal saat yang bersangkutan sudah masuk di HPL persalinan.

"Jadi waktu persalinan itu belum keluar kemudian suaminya menjemput bidan dan di tengah proses itu ketuban sudah pecah sehingga dilakukan penanganan di situ," jelasnya.

Masih kata Sudjatmiko, ibu yang melahirkan di teras puskesmas tersebut bernama Umi Nur Laela (31) sesuai KTP warga Desa Mojokarang, Kecamatan Dlanggu. Dia melahirkan bayi perempuan dengan pertolongan seorang bidan setempat.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved