Breaking News:

Unej Masuk 8 Besar Penerima Terbanyak Maba dari Jalur SNMPTN

Universitas Jember (Unej) menerima 2.272 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

SURYA/SRI WAHYUNIK
ILUSTRASI Universitas Jember (Unej). 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Universitas Jember (Unej) menerima 2.272 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Pengumuman lolosnya lebih dari dua ribu mahasiswa itu bisa diketahui serentak pukul 15.00 Wib, Senin (22/3/2021).

Wakil Rektor I Universitas Jember bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Slamin mengatakan Unej menjadi PTN nomor delapan di Indonesia yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN.

"Dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 2.272 orang itu, menjadikan Universitas Jember sebagai PTN nomor delapan di Indonesia yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN," ujar Slamin kepada TribunJatim.com, Senin (22/3/2021)

Selanjutnya, para calon mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan verifikasi berkas pada 24 Maret hingga 2 April 2021. Kemudian dilanjutkan registrasi pada 7 - 16 April 2021 secara daring.

Baca juga: Kongres PMII dan HMI Molor, Keponakan Mahfud MD: Biasalah Mahasiswa

Baca juga: Ribuan Massa HMI asal Sulawesi Tiba Di Surabaya, Polisi Siapkan Pengamanan dan Akomodasi

Baca juga: Gus Baha Pernah Merasakan Diejek, Dibully : Perih Sungguh

Slamin menambahkan, dari data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), tercatat ada 22.531 siswa yang mendaftarkan diri ke Universitas Jember dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari 22.531 orang itu, 4.319 peserta mendaftar memakai fasilitas bantuan biaya pendidikan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K). Jumlah tersebut menjadikan Universitas Jember sebagai PTN nomor 18 di Indonesia yang paling diminati siswa di jalur SNMPTN.

“Dari 22.531 pendaftar hanya 2.272 saja yang diterima, ini artinya angka rata-rata tingkat kompetisi masuk Universitas Jember sangat ketat," terangnya.

Rata-rata tingkat kompetisi untuk rumpun Sains Teknologi berkisar di angka 1 banding 10,36 dan untuk rumpun Sosial Humaniora di posisi 1 banding 9,39.

Slamin menambahkan, bagi mereka yang tidak lolos melalui jalur SNMPTN, masih ada kesempatan melanjutkan pendidikan ke PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang pendaftarannya dibuka 1 April 2021.

Berita tentang Universitas Jember

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved