Breaking News:

Bupati Gresik Minta URC Langsung Tanggap Bekerja Terima Aduan Jalan Rusak

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menegaskan akan fokus penyelesaian masalah infrastruktur. Petugas dari Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas Pekerjaan Umum

TribunJatim.com/ Willy Abraham
Gus Yani fokus pada persoalan infrastruktur jalan di Gresik 

Reporter: Willy Abraham | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menegaskan akan fokus penyelesaian masalah infrastruktur. Petugas dari Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang harus langsung bekerja ketika menerima laporan dari masyarakat.

"Tidak berhenti acara ceremonial ini, masyarakat bisa menyampaikan kondisi jalan rusak, sikap responsif terhadap laporan. Aplikasi apalan, teman-teman URC juga lebih siap," ucapnya saat peresmian aplikasi APALAN (Aplikasi Layanan Pengaduan Pengguna Jalan), Selasa (23/3/2021).

Aplikasi ini harus ada respon cepat dari tim, ada aduan dari masyarakat langsung ditangani. Fokus infrastruktur masyarakat kondisi jalan harus benar-benar bagus.

"Kami tidak mau masyarakat Gresik menjadi korban lalu lintas, hujan tinggi jalan tergenang, lubang tidak terlihat dan terjatuh," terangnya.

Jangan sampai ada lagi perbaik

Baca juga: DPRD Surabaya Desak Minimarket Hentikan Jual Kopi atau Izin Dicabut: Menyalahi Perizinan Minimarket

an jalan tidak kunjung dikerjakan karena alasan tidak ada anggaran.

Kepala DPUTR Gresik, Gunawan Setijadi menambahlan, tim URC menindaklanjuti laporan masyarakat, kendala informasi kerusakan. Bahkan ada enam tim URC untuk mempercepat layanan perbaikan jalan.

"Kami tim URC penanganan jalan dilakukan secara darurat, ada 6 tim. Yakni, tim utara, selatan ,tengah ,kota, malam, dan Bawean," kata dia

Selama ini, kata Gunawan, penyampaian kerusakan jalan hanya kurang koordinasi. Perlu suatu sistem informasi kerusakan, harus langsung tertampung Dinas PUTR ditindaklajuti dan langsung ditangani.

"Informasi kerusakaan selama ini tidak pada tempatnya. Saat ini melalui Diskominfo, Gresikpedia dan aplikasi APALAN, keluhan laporan kerusakan jalan, kapan terjadi, ditindaklanjuti, termonitor dengan bagus, pelaksanaan perbaikan program 99 jari kerja," tutupnya.

Gunawan mengklaim jumlah jalan rusak di Gresik lebih sedikit ketimbang jumlah jalan dengan kondisi baik.

"74 persen dalam kondisi sedang dan bagus, sisanya 26 persen dalam kondisi kurang baik segera ditangani," tutupnya. (wil)

Kumpulan berita Gresik terkini

Penulis: Willy Abraham
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved