Breaking News:

Puluhan Mahasiswa Psikologi UMM Ikut Program Kampus Mengajar Angkatan Pertama 2021

Sebanyak 39 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti program Kampus Mengajar angkatan pertama 2021.

Surya/humas UMM
Mahasiswa UMM mengikuti program Kampus Mengajar angkatan pertama 2021. 

Reporter: Sylvianita Widyawati I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sebanyak 39 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti program Kampus Mengajar angkatan pertama 2021.

Mereka terpilih setelah melalui seleksi tingkat nasional di Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. Jumlah mahasiswa yang lolos seleksi ini terbanyak dibandingkan fakultas lain di UMM.

“Alhamdulillah. Ini tidak lepas dari proses seleksi dan pembekalan yang dilakukan oleh prodi terhadap mahasiswa. Secara teknis prodi juga harus menyeleksi mata kuliah apa saja yang semester genap (IV) ini diambil mahasiswa. Seleksi mata kuliah ini akan dikonversikan. Tidak hanya dilihat dari bobot SKS, tapi juga kesesuaian dengan program yang terkait,” ungkap Kepala Prodi Psikologi UMM, Susanti Prasetyaningrum SPsi MPsi, Jumat (26/3/2021).  

Melalui program ini, mahasiswa diberi kesempatan belajar dan mengembangkan diri dengan berkolaborasi bersama guru.

Baik pada proses pembelajaran, mengembangkan teknologi dalam belajar, serta administrasi sekolah di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Selanjutnya, dari kegiatan tersebut akan dikonversikan menjadi penilaian pada mata kuliah di prodi masing-masing sejumlah 12 Satuan Kredit Semester (SKS).

Dijelaskan, program itu juga menjadi salah satu agenda di dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Firdausi Muhammad Akhmad, salah satu mahasiswa ditempatkan di SDN Kurungan Bassi, Mamuju, Sulawesi Barat.

Daus menyatakan sebenarnya cukup berat karena tugas di daerah yang baru saja diguncang bencana gempa pada Januari lalu. Tapi ia mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Saya tetap harus melaksanakannya dengan baik. Saya ingin kembali mengabdi ke tanah kelahiran saya. Berbuat banyak dan melihat para penerus tanah Mamuju ini lebih baik”, jawabnya.

Sebelum ini, para peserta angkatan I tahun 2021 telah mendapatkan materi pembekalan lanjutan yang diberikan oleh Dirjen Dikti. 

Materi ini berkaitan tentang konsep pedagogi sekolah dasar, pembelajaran jarak jauh, strategi kreatif belajar luring dan daring.

Khusus mahasiswa psikologi UMM, mereka tidak hanya sekedar mengajar tetapi juga mengaplikasikan metode dan teknik-teknik asesmen psikologi.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved