Breaking News:

Pelampung Bakal Didistribusikan ke Nalayan Jember, Kini Menunggu Anggaran

Dinas Perikanan Pemkab Jember berencana tetap akan mendistribusikan pelampung (life-jacket) yang masih menggunung di Gedung Aula Joko Thole Jember.

sri wahyunik/surya
Pelampung di Aula Joko Thole Jember 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Dinas Perikanan Pemkab Jember berencana tetap akan mendistribusikan pelampung (life-jacket) yang masih menggunung di Gedung Aula Joko Thole Jember.

Plt Kepala Dinas Perikanan Jember Tigo Dewanto menyebut, pihaknya akan mengalokasikan anggaran pendistribusian pelampung itu di APBD Jember tahun 2021.

Tigo menyebut, tidak banyak anggaran untuk distribusi pelampung yang masih menumpuk tersebut.

"Tidak banyak, hanya untuk distribusi sampai ke lokasi penerima. Mulai dari Tempurejo sampai Kencong. Mungkin sekitar Rp 25 juta," ujar Tigo, Jumat (26/3/2021).

Ketika ditanya kenapa pihaknya tetap akan mendistribusikan pelampung itu, meskipun sudah melewati tahun mata anggaran, Tigo menjawab sudah ada surat keputusan (SK) untuk pendistribusian tersebut.

Baca juga: Breaking News, Curanmor di Kejawan Putih Ketahuan Polisi, Tiga Pelaku Kabur, Dalam Kejaran Petugas

Baca juga: Akhirnya Sule Sendiri yang Bongkar Masalah dengan Kiky Saputri: Aku Dibombardir, Istri Sempat Emosi

Baca juga: Kantongi Kekuatan dan Kelemahan Lawan, Otavio Dutra Berharap Persija Bisa Tumbangkan Borneo FC

"Kepala dinas sebelum saya sudah menerbitkan SK, bahwa pelampung akan diberikan kepada pelaku usaha di sektor perikanan dan kelautan di wilayah pesisir. Semuanya sudah ada SK-nya, sehingga tidak mendistribusikan saja," ujar Tigo.

Oleh karena itu, pihaknya berencana tetap akan mendistribusikan pelampung itu jika nantinya sudah ada anggaran pendistribusian. Rencananya, puluhan ribu pelampung tersisa akan didistribusikan kepada masyarakat sekitar pantai di Kecamatan Tempurejo, Ambulu, Wuluhan, Puger, Gumukmas, dan Puger.

Karena belum terdistribusi, sampai saat ini, puluhan ribu pelampung itu masih tersimpan di gudang tersebut. Ada 39.405 unit pelampung masih tersimpan di gudang tersebut.

Pelampung itu merupakan hasil pengadaan Pemkab Jember memakai anggaran Perubahan APBD tahun 2018 sebanyak 55 ribu unit. Baru 15.595 unit pelampung yang terdistribusi untuk nelayan di Jember. Sisanya yang berlebih sebanyak 39 ribu lebih masih ngendon di gudang.

Berita tentang pelampung

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved