Breaking News:

PWNU Jatim Minta Polisi Usut Tuntas Insiden Dugaan Kekerasan yang Dialami Jurnalis Tempo di Surabaya

Insiden dugaan kekerasan yang menimpa Koresponden Tempo, Nurhadi menyita perhatian masyarakat. Tak terkecuali PWNU Jatim. 

Penulis: Samsul Arifin | Editor: Ndaru Wijayanto
Tim humas PWNU Jatim,
Wakil Ketua PWNU Jatim, Gus Salam. 

Reporter; Syamsul Arifin I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Insiden dugaan kekerasan yang menimpa Koresponden Tempo, Nurhadi menyita perhatian masyarakat, tak terkecuali PWNU Jatim

PWNU Jatim meminta agar pihak kepolisian tidak ragu mengusut dugaan kasus kekerasan terhadap wartawan Tempo saat menjalankan tugas jurnalistik pada Sabtu (27/3/2021) malam di Surabaya.

Selain itu, PWNU juga meminta agar Dewan Pers mengawal proses hukum kasus tersebut sampai selesai.

“Kami mengecam setiap tindak kekerasan kepada wartawan atau jurnalis yang sedang menjalankan tugas jurnalistiknya. Kawan-kawan jurnalis dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh Undang-undang dan ini merupakan salah satu indikator iklim demokrasi kita,” kata Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abd Salam Shohib, Senin (29/3/21). 

Tindak kekerasan terhadap wartawan, imbuhnya, merupakan gaya lama yang semestinya tidak terjadi di era demokrasi dan kebebasan pers seperti sekarang ini. 

PWNU Jatim merasa kasus semacam ini perlu mendapat perhatian khusus karena merupakan bagian dari perjuangan Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang harus terus dikawal sampai kapanpun.

“Gus Dur telah memperjuangkan agar pers mendapat kebebasan berekspresi dan menyuarakan aspirasi sebagai bagian dari penguatan demokrasi setelah sekian lama terbelenggu dalam kekuasaan rezim. Jangan sampai kembali lagi ke masa kelam,” imbuh pria yang akrab disapa Gus Salam ini.

Untuk itu, PWNU Jatim juga mendukung Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Surabaya yang bergerak cepat melaporkan kasus ini ke Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur agar diusut tuntas. 

Jika diperlukan, PWNU Jatim juga siap memberikan dukungan dengan menugaskan Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) NU Jatim untuk turut mengawal penyelesaian kasus ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved