Breaking News:

Temui Bupati Mas Ipin, Aliansi Rakyat Trenggalek Serahkan Hasil Petisi Dukungan Menolak Tambang Emas

Perwakilan anggota Aliansi Rakyat Trenggalek menyerahkan hasil petisi dukungan menolak tambang emas kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

surya/afla
Penyerahan petisi dukungan penolakan tambang emas dari Aliansi Rakyat Trenggalek kepada Bupati Mochamad Nur Arifin, Senin (29/3/2021). 

Reporter: Aflahul Abidin I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Perwakilan anggota Aliansi Rakyat Trenggalek menyerahkan hasil petisi dukungan menolak tambang emas kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin, Senin (29/3/2021).

Aliansi yang mengaku gabungan dari 15 organisasi itu menyerahkan hasil petisi di laman Change.org yang telah ditandatangani lebih dari 13 ribu orang atau netizen per hari itu.

Para perwakilan aliansi ditemui oleh Bupati Mas Ipin di Ruang Paringgitan area Pendopo Kabupaten Trenggalek.

Disela penyerahan hasil petisi, Bupati yang didampingi oleh beberapa orang pejabat Pemkab Trenggalek berdiskusi dengan para anggota alinasi yang hadir.

“Kami menyerahkan petisi yang ditandatangani oleh kawan-kawan untuk menolak eksploitasi tambang emas. Hal ini selaras dengan sikap Bupati Trenggalek (yang juga menolak eksploitasi itu),” kata Suripto, perwakilan Aliansi Rakyat Trenggalek, kepada wartawan.

Pihaknya mengapresiasi langkah Bupati Mas Ipin yang secara tegas menolak adanya eksploitasi tambang emas di wilayahnya.

Eksploitasi yang dimaksud berkaitan dengan izin usaha penambangan pada tahap operasi produksi oleh PT Sumber Mineral Nusantara (SMN).

Berdasarkan laman Minerba One Data Indonesia (MODI) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, izin ekploitasi itu berlaku untuk lahan seluas 12.813 hektare (ha) di Kabupaten Trenggalek.

Selaras dengan sikap bupati, aliansi juga menolak adanya izin ekploitasi tambang emas di Trenggalek.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved