Breaking News:

Berita Malang

Inovasi Tiada Henti Menuju Pelayanan Publik Terbaik

Pemerintah Kota Malang tiada henti melakukan inovasi demi inovasi guna tercapainya kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, prof

Istimewa/TribunJatim.com
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan piagam dan plakat penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan Republik Indonesia kepada Wali Kota Malang, Sutiaji di Grand City, Surabaya, Senin (19/10/20) 

Editor: Januar AS
 
TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemerintah Kota Malang tiada henti melakukan inovasi demi inovasi guna tercapainya kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional dan akuntabel. 

Bahkan, kemudahan akses pelayanan publik di Kota Malang segera mencapai level baru yang belum pernah ada sebelumnya.  

Hal ini setelah Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menandatangani komitmen dengan Kementerian PANRB untuk Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) pada 2 Maret 2021.   

Sarana ‘One Stop Service’ bagi 200 jenis layanan publik tersebut disiapkan di Lantai 3 Alun-Alun Mal dan ditargetkan rampung Agustus mendatang.   

“Sambil menunggu proses, masyarakat dapat belanja maupun kuliner di satu lokasi. Ini yang dinamakan perkawinan sesungguhnya antara pusat layanan perizinan dan mal,” terang Wali Kota Sutiaji terkait konsep MPP.

Selaras dengan hal itu, 98 persen layanan perizinan dan non perizinan telah didelegasikan dari Wali Kota ke Disnaker PMPTSP melalui Perwal 3 Tahun 2020 sehingga memperpendek proses. 

Penerapan Online Single Submission (OSS) dan penyusunan Ranperda Kemudahan Berusaha. Dengan ini, layanan publik tak hanya makin cepat, tapi menarik investasi dan membuka lapangan pekerjaan.

Dalam hal pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, Pemkot Malang pun menghadirkan aplikasi siapel.malangkota.go.id. Mulai 15 Maret 2020, cetak dokumen kutipan akta rusak/hilang serta dokumen surat keterangan pindah WNI cukup di kelurahan.

Termasuk ADUHBRA (Administrasi Kependudukan Huruf Braille). Ini terobosan inklusif dokumen kependudukan berhuruf braille bagi penyandang disabilitas netra .

Baca juga: Menuju 107 Tahun Kota Malang Peduli dan  Berbagi

Baca juga: Inilah Logo HUT Kota Malang Ke-107, Didesan Cantik Penuh Makna, Usung Tema ‘Peduli dan Berbagi’

Baca juga: Minimalisir dan Antisipasi Banjir Kota Malang, Wali Kota Sutiaji Bakal Tambah Jumlah Personel GASS

Data statistik Inovasi
Data statistik Inovasi (Istimewa/TribunJatim.com)

Digitalisasi Layanan Publik

Halaman
12
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved