Breaking News:

Berita Malang

MPP Akan Jadi Role Model Layanan Prima

Mal Pelayanan Publik (MPP) di lantai 3 Alun-Alun Mal Kota Malang bakal dilaunching di bulan Agustus 2021

TribunJatim.com/ Rifky Edgar
Walikota Malang, Drs H Sutiajisaat penandatanganan komitmen penyelenggaraan pembangunan Mal Pelayan Publik (MPP) di Hotel Fairmont, Jakarta pada awal bulan Maret 2021 

Reporter: Rifky Edgar | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Mal Pelayanan Publik (MPP) di lantai 3 Alun-Alun Mal Kota Malang bakal dilaunching di bulan Agustus 2021.

Kehadiran MPP akan membuat pelayanan publik di Kota Malang menjadi role model dengan predikat layanan publik A Prima. Predikat tersebut yang nantinya diberikan oleh Kementerian PAN-RB.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang, Erik Setyo Santoso menyampaikan, dalam waktu dekat MPP masuk ke dalam Unit Layanan Pengadaan (ULP).

"Saat ini masih review design. Minggu depan masuk ke ULP. Kenapa dilakukan review design, karena anggarannya baru sepertiga dari kebutuhan," ucapnya.

Pembangunan MPP semula dianggarkan Rp 7,8 miliar dari APBD 2020. Akan tetapi, akibat pandemi Covid-19, anggaran pembangunan MPP terkena refocusing menjadi Rp 2,5 Miliar.

Karenanya, Erik memperkirakan, nantinya sebagai awal ada 200 layanan publik dari target 400 layanan publik di MPP.

"Definisi dari MPP adalah untuk menghadirkan instansi perizinan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, provinsi, daerah, BUMN, BUMD, dan perbankan," ucapnya.

"Kalau MPP nanti sudah jalan, kita bisa jadi role model. Syarat menuju ke A Prima harus memiliki MPP. Itu penilaian yang telah ditetapkan oleh Kementerian PAN-RB," ucap Erik.

Khusus Disnaker-PMPTSP, inovasi terbaru yang bakal digagas di tahun 2021 ini ialah layanan digital menggunakan tandatangan elektronik berbasis aplikasi. Layanan digital ini mempermudah masyarakat menuntaskan segala jenis perizinan hanya dari rumah.

"Untuk tanda tangan elektronik saat ini masuk verifikasi tahap akhir. Harapannya akhir Maret 2021 nanti dapat approvial agar kami implementasikan pada 1 April 2021 sebagai kado HUT Kota Malang," tandasnya. 

Penulis: Rifki Edgar
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved