Breaking News:

Mengenal Kampung Tangguh Semeru Ke-100 Kota Malang, Usung Konsep dari Warga untuk Warga

Dengan mengusung konsep dari warga untuk warga, RW 07 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing telah resmi dikukuhkan sebagai Kampung Tangguh Semeru (

istimewa/TribunJatim
Kegiatan pelaksanaan operasi yustisi protokol kesehatan, yang dilakukan pengurus RW 07 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. 

Reporter : Kukuh Kurniawan I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dengan mengusung konsep dari warga untuk warga, RW 07 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing telah resmi dikukuhkan sebagai Kampung Tangguh Semeru (KTS) ke 100 di Kota Malang.

Kegiatan peresmian itu langsung dilakukan oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata bersama Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona pada Selasa (23/3/2021) lalu.

Ketua RW 07, Mamik Sri Winarti melalui Sekretaris RW 07, Joko Sutrisno menjelaskan awal mula berdirinya KTS RW 07 Kelurahan Purwantoro tersebut.

"Jadi RW 07 Kelurahan Purwantoro ini membawahi 15 RT, terdiri dari RT 01 hingga RT 15. Jumlah warganya, berjumlah total sekitar 3.000 orang. Awal berdirinya KTS RW 07 Kelurahan Purwantoro ini bermula, dari peristiwa empat warga kami yang dinyatakan positif Covid-19 pada bulan Februari 2020," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (31/3/2021).

Setelah keempat warganya dinyatakan sembuh dari Covid 19, seluruh warga pun langsung bergerak. Dan mulai menyadari arti pentingnya pendirian Kampung Tangguh Semeru (KTS).

"Sebenarnya konsep KTS sudah kami jalankan, usai warga kami sembuh dari Covid 19. Namun pada saat itu konsepnya masih belum matang. Baru setelah kami tata ulang, dan berkoordinasi dengan para Ketua RT. Akhirnya kami pun mengajukan pengukuhan sebagai KTS pada Selasa (23/3/2021) lalu," jelasnya.

Dirinya mengaku meski baru dikukuhkan, namun KTS RW 07 Kelurahan Purwantoro telah memiliki beberapa program. Untuk memberdayakan warga, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan.

Program yang diusung pun memiliki konsep, yaitu dari warga untuk warga.

Program yang pertama adalah, melakukan penyemprotan disinfektan tiap minggunya di setiap RT. Program itu dilakukan, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid 19.

Halaman
12
Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved