Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Resmikan Gerai Pelayanan di Pantai Grajagan, Permudah Nelayan Urus Dokumen: Cukup di Sini

Gerai Pelayanan Publik Terpadu khusus untuk nelayan hadir di Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo. Nelayan jadi lebih hemat: tak perlu wira-wiri.

TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN
Bupati Ipuk bersama Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjungwangi Benyamin Ginting, dan pemangku kepentingan terkait, meresmikan gerai pelayanan publik, di Grajagan, Rabu (31/3/2021). 

Reporter: Haorrahman | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Gerai Pelayanan Publik Terpadu khusus untuk nelayan kembali hadir di Banyuwangi.

Kali ini di Pelabuhan Perikanan Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo.

Sebelumnya, gerai serupa hadir di Pantai Muncar.

Baca juga: Emosi Luna Maya Serang Balik Felicia, 2 Ucapan Sakit Luna Jadi Viral, Hotman Tak Tinggal Diam?

Baca juga: ZA Wanita Teroris Penyerang Mabes Polri Dikenal Sosok Kuper dari Kecil, Dikeluarkan Kampus

”Semoga gerai pelayanan ini semakin memudahkan nelayan dalam mengurus dokumen-dokumen. Bekerja menjadi lebih nyaman karena semua dokumen lengkap. Ini merupakan kolaborasi Pemkab Banyuwangi, Pemprov Jatim, dan pemerintah pusat, kita kebut kerja-kerja untuk melayani nelayan,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Gerai ini diresmikan Ipuk bersama Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjungwangi Benyamin Ginting, dan pemangku kepentingan, Rabu (31/3/2021).

Sebanyak 11 layanan hadir di gerai tersebut. Di antaranya adalah izin jasa pelabuhan, rekomendasi BBM, Surat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI), Surat Persetujuan Berlayar (STB), Surat Laik Operasi (SLO), Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Kapal Penangkapan Ikan (SIKPI), Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP), PAS Kapal, Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA), hingga BPJS Ketenagakerjaan.

Bupati Ipuk menjelaskan, perizinan nelayan selama ini melibatkan lintas instansi, mulai dari Pemkab Banyuwangi, Pemprov Jatim, hingga kementerian terkait.

Baca juga: Desa Wisata Kemiri Hadir Komplit, Tawarkan 13 Item, Mulai Kemiri Resort hingga Jejak Banjir Bandang

Baca juga: Suasana Baru Paskah 2021 di Shangri-La Hotel, Pastry Chef Siapkan Hadiah Khusus untuk Anak-anak

"Inilah yang menjadi tantangan untuk diintegrasikan. Alhamdulillah, setelah di Muncar bisa, sekarang diperluas di Pantai Grajagan. Sehingga gerai ini bisa menjembatani pengurusan perizinan baik dengan Pemprov Jatim maupun kementerian terkait. Nelayan tidak perlu ke mana-mana untuk urus dokumen, cukup di sini," kata Ipuk.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved