Breaking News:

Berita Kota Batu

Melenceng Dari Target, Pembangunan Kereta Gantung Kota Batu Direncanakan 2022

Pemerintah Kota Batu telah bertemu dengan PT INKA membahas rencana pembangunan kereta gantung. Dari hasil pertemuan tersebut,

SURYA/SANY EKA PUTRI
Salah satu lokasi di Kota Batu, Alun Alun Batu, yang bakal dilewati Kereta Gantung, Rabu (17/5/2018). 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM,BATU - Rencana pembangunan kereta gantung di Kota Batu meleset dari target awal. Sejak diumumkan pada awal 2020 lalu, sejatinya kereta gantung direncanakan terealisasi pada 2021. Namun, informasi terbaru proyek kereta gantung akan dibangun pada 2022.

Pemerintah Kota Batu telah bertemu dengan PT INKA membahas rencana pembangunan kereta gantung. Dari hasil pertemuan tersebut, diperkirakan pembangunan akan dilaksanakan pada 2022.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso memaparkan, PT INKA berkeinginan agar pembangunan transportasi untuk wisata itu bisa terbangun dengan baik. Oleh sebab itu, perlu perencanaan yang matang.

"PT INKA meminta agar Pemkot menindak lanjuti beberapa kajian agar pembangunan tidak ada kendala dikemudian hari,” Punjul Santoso, Jumat (2/4/2021).

Beberapa aspek yang perlu dikaji adalah business plan, mitigasi dan konsesi resiko pembangunan dari aspek sosial, ekonomi serta dampak terhadap lingkungan. Hal tersebut juga menjadi masukan dari Pemerintah Pusat kepada Pemkot Batu.

"Pemerintah Pusat dan Pemprov Jatim juga memberikan masukan komitmen para pihak yang terlibat, terutama dalam hal ini konsorsium yang dibentuk,” bebernya.

Skema investasi dan pembangunan harus dipastikan tidak menyalahi RTRW dan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP). Maka dari itu, kajian menentukan titik rute kereta gantung harus presisi.

"Untuk rute disarankan tidak mengganggu kawasan paralayang sebagai kawasan wisata yang sudah ada. Begitu juga kawasan lainnya,” imbuhnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Diguyur Hujan 7 Jam, Banjir Bandang dan Longsor Terjang Kabupaten Madiun

Baca juga: BREAKING NEWS - Terduga Teroris S Diamankan di Surabaya, Ada Kain Tulisan Arab Disita Densus 88

Baca juga: Gus Baha : Wabah Virus Corona, Jangan Takut dan Gelisah Berlebihan

GM Pengembangan PT INKA, Junaidi menjelaskan, pihaknya telah memberikan penjelasan kepada Pemkot Batu, termasuk pihak-pihak terkait di dalamnya seperti Perhutani dan TNI-AU.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved